PEKANBARU - KontrasRiau.Com - Dampak banjir terjadi hampir di semua daerah Kabupaten/Kota di Riau. Salah satunya terjadi di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Ketika media KontrasRiau.com konfirmasi terkait dampak banjir kepada Bupati Kabupaten Rokan Hilir Afrizal Sintong, S.IP, M.Si menyampaikan bahwa dampak banjir yang terjadi di Kabupaten Rokan Hilir terjadi di 11 kecamatan."Sebutnya.

" Hampir lebih kurang setinggi 3 meter air yang merendam rumah-rumah warga dan masyarakat, dan waktu itu lampu PLN  pun mati, karena saklernya terendam banjir, disebabkan hampir separuh rumah masyarakat terendam banjir. " Tegas Afrizal Sintong Kepada Media KontrasRiau.Com. Sabtu(03/02/2024)pagi.

Lebih kurang 42.000  masyarakat terdampak banjir, dan masyarakat mengungsi ke daerah lain serta kerumah keluarganya.

Tapi kondisi sekarang, Alhamdulillah air sudah mulai surut. Dampak banjir ini juga telah menelan korban jiwa sebanyak 5 orang, yang terdiri dari 2 orang dewasa dan 3 orang anak kecil. Ini terjadi di daerah rantau koper,  daerah kubu dan kecamatan pujud." Ujarnya.

Sebenarnya banjir ini musiman, air kiriman dari kabupaten rokan hulu banjir yang luar biasa, dan hilirnya kita. Sekarang Rokan Hulu sudah mulai surut, kita masih masih menampung air kiriman dari sana.

" Kami Pemkab Rokan Hilir, telah menyiapkan posko pengungsian, dapur umum, sembako, selimut, tempat tidur dan lainnya kita semua siapkan. " Tambah Bupati.

Dikarenakan kurangnya tenda-tenda untuk menampung masyarakat, dan warga yang terdampak banjir, kami juga  menyewa tenda lebih kurang ada sekitar 62 tenda, guna gerak cepat Pemkab Rohil mengatasi hal ini.

" Meskipun kami juga sudah punya tenda BPBD Rohil , Tenda Polres Rohil ada, dan Tenda Kodim juga ada. Terkait korban jiwa yang terdampak banjir ini, kita sudah memasukan anggaran melalui dinas sosial. Bantuan sosial biasa telah kita berikan, dan bantuan sagu hati dari Pemkab. Rokan Hilir juga ada." Tutup Bupati Afrizal Sintong, S.IP, M.Si. (Omeng)
Axact

Kontras Riau

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Berikan Komentar Terbaik Anda yang Mencerminkan Kredibilitas Anda Untuk Kemajuan NKRI yang Kita Cintai