PEKANBARU - KontrasRiau. Com - Kami sudah merancang dan sudah melakukan sosialisasi bagi teman-teman guru SMA Negeri 7 Pekanbaru dalam mengisi penyusunan pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah di Platform Merdeka Mengajar. 
Pada hari jumat yang lalu, kami juga sudah melakukan sosialisasi dan kawan-kawan guru sudah melaksanakan program terbaru dari Kemendikbudristek RI ini, penyusunan pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah di PMM dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses." Ungkap Amri, M. Pd. Selaku Kepsek SMAN 7 Pekanbaru.  Senin(22/01/2024) pagi di ruang kerja kepsek. 
" Dari waktu yang ada, kami targetkan sebelum tanggal 25 Januari 2024, kita usahakan tuntas, saat ini tinggal diperiksa dan ditindak lanjuti serta disetujui oleh kepala sekolah." Sebutnya.
Kawan-kawan kita guru disini, telah mendapatkan ilmu dari seorang guru kita disekolah ini yang sudah terlebih tahu (mumpuni), terkait program ini.

" Artinya guru kita yang satu ini adalah guru penggerak angkatan pertama. Dan sekaligus juga Ibu Imelda Sandra JS, MSi., ini sebagai narasumber pada kegiatan workshop penyusunan pengelolaan kinerja guru dan kepsek di PMM yang telah kita gelar beberapa waktu lalu di sekolah. " Urai Amri Kepada Media KontrasRiau.Com.

Alhamdulillah deadline dan target kita akan tuntas dikerjakan oleh para guru SMAN 7 Pekanbaru. Dan program dari pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek RI ini sangatlah banyak manfaat dan sangatlah mambantu dan memudahkan kami guru dan kepala sekolah dalam penyusunan pengelolaan kinerja kami di sekolah. 

" Menambahkan dari Imelda Sandra JS, MSi selaku guru penggerak angkatan pertama mengatakan bahwa selama inikan, kinerja guru disama ratakan dengan kinerja ASN. Jadi tugas dan fungsinya ASN, cuma nanti ada satu lagi PKG, ada administrasi lainnya yakni Penilaian Kinerja Guru (PKG)." Jelas Imelda.

Jadi karena ribetnya, kemudian administrasinya mungkin masih sistim manual, sehingga pemerintahan pusat meluncurkan program baru yang memang khusus penilaian guru dan kepala sekolah. 

" Kenapa guru dan kepala sekolah, karena pemerintah ingin melihat dari pusat pakai aplikasi. 
Apakah memang bisa terpantau kinerja guru, terkait proses pembelajarannya. Selama inikan sama rata sebagai ASN saja." Tambah Imelda.

Dengan aplikasi yang langsung online ke pusat, kemudian guru dan kepala sekolah merencanakan program yang memang untuk meningkatkan kualitas dan mutu sekolah. 

" Sudah atau belum nya kan terpantau, karena kan adanya rencana kerja selama satu semester (6 Bulanan, Januari s/d Juni 2024) dan kepala sekolah menyetujui dan sebagainya." Imbuhnya.

Otomatis kalau direncanakan selama 6 bukan (satu semester) akan terdata ke pusat. 
Bukti ada laporan, sertifikat dan sebagainya. 

" Otomatis memang mau nggak mau guru harus mengerjakan dan ini didata dari pusat langsung online, dan hal ini terintregrasi dengan BKN lalu terintregrasi dengan nilai rapor mutu masing-masing sekolah." Tegasnya.

Pemerintah punya opsi, nilai raport yang harus ditingkatkan sehingga kita bisa memilih dengan berdiskusi dengan kepala sekolah. 

" Bagianmana yang perlu kita tingkatkan, dan beberapa waktu lalu, kami sudah berembuk dan diskusi dengan kepala sekolah." Setakat Ini.

Dan bagi rata, ya mungkin ada 5  elemen yang perlu diperbaiki di SMAN 7 Pekanbaru, agar 5 elemen ini nantinya dapat naik atau meningkat, dari 8 indikator, 5 elemen inilah yang kita upayakan naik atau meningkat. 

" Memang setiap pembaharuan ada positif dan negatifnya. Namun kami yakin kawan-kawan guru di SMAN 7 Pekanbaru ini mau belajar dan mau menerima serta mau berkembang." Pintanya.

Jadi apapun nanti, yang dicanangkan oleh pemerintah pusat kami siap, apalagi adanya dukungan dan support penuh dari kepala sekolah kita yang baru ini." Harap Amri, M.Pd. Kepsek SMAN 7 Pekanbaru yang belum lama menjabat.













Axact

Kontras Riau

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Berikan Komentar Terbaik Anda yang Mencerminkan Kredibilitas Anda Untuk Kemajuan NKRI yang Kita Cintai