PEKANBARU - KontrasRiau.Com - 
DPRD Pekanbaru menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam memperingati HUT Kota Pekanbaru ke-240 pada Minggu, 23 Juni 2024 di ruang paripurna yang berlangsung secara khidmat. Peringatan tahun ini, Pemko Pekanbaru di bawah kepemimpinan Pj Wali Kota Risnandar Mahiwa, mengusung tema Keberagaman Membangun Negeri. Rapat Paripurna Istimewa itu, dipimpin Plt Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama ST MT yang mewakil Ketua DPRD Sabarudi yang sedang menjalani ibadah haji, didampingi Wakil Ketua T Azwendi Fajri SE MM, dan Ir Nofrizal MM.

Hadir dalam kesempatan itu,Pj.Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa,Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, mantan Gubernur Riau Saleh Djasit, para mantan Ketua DPRD Pekanbaru, mantan Walikota, perwakilan DPRD Riau, serta tokoh adat melayu. Hadir Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru,Kapolresta Pekanbaru, Komandan Kodim Pekanbaru dan beberapa tamu undangan lainnya.
T Muhammad Toha, pemuka adat Melayu Kota Pekanbaru membacakan sejarah singkat awal mula nama Kota Pekanbaru, yang dahulu Pekanbaru dikenal dengan nama Senapelan. Saat itu, Pekanbaru dipimpin seorang kepala suku disebut Batin.

Hingga akhirnya, daerah yang disebut sebagai kota Senapelan ini, terus berkembang menjadi kawasan pemukiman baru. Seiring berjalannya waktu, berubah menjadi Dusun Payung Sekaki yang terletak di muara Sungai Siak.

Senapelan yang kemudian lebih populer disebut Pekanbaru, resmi berdiri pada Selasa, 21 Rajab 1204 H. 21 Rajab itu, bersamaan dengan 23 Juni 1784 M oleh Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah di bawah pemerintahan Sultan Yahya.

Tepat pada tanggal 23 Juni 2024 ini, kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Pekanbaru. Pada 20 Januari 1959 itu, dikeluarkan Surat Keputusan dengan No. Des 52/1/44-25 yang menetapkan Pekanbaru sebagai Ibu kota Provinsi Riau. Sekaligus Pekanbaru memperoleh status Kotamadia Daerah Tingkat II Pekanbaru.

Pj Gubernur Riau dikesempatan pidatonya mengungkapkan, Pekanbaru merupakan wajah dari Provinsi Riau. Maka dari itu, Kota ini haruslah mencerminkan suasana kota yang aman, nyaman, bersih, tertib, indaah, dan damai.

Dalam kesempatan tersebut juga orang nomor satu di Riau itu mengajak masyarakat untuk terus menjaga rasa kesatuan dan persatuan. Serta menghindari tindakan-tindakan yang dapat menyinggung suku, agama, ras dan golongan (SARA) yang berdampak memecah belah dan memicu pertikaian dimasyarakat.

Gubri SF Hariyanto juga mengajak para pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan guna mewujudkan masyarakat Riau yang agamis.

“Kami mengharapkan HUT Pekanbaru ke – 240 ini dapat menjadi momentum kita untuk memajukan pembamgunan Riau dimasa yang akan datang,” tutupnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua anggota DPRD Pekanbaru, Wali Kota pada masanya, anggota dewan pada masanya, unsur Forkompimda, akademisi, pihak swasta yang sudah bahu-membahu membangun Kota Pekanbaru, hingga sampai berkembang pesat saat ini.

“Yang paling utama lagi kami ucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Kota Pekanbaru, yang selama ini, membantu pemerintah dalam segala hal. Terus beri kami masukan positif untuk kebaikan kota kita ke depan,” harapnya.

Diakui Risnandar, meski dirinya baru sebulan memimpin, namun laporan dari semua pihak, bahwa selama 12 tahun belakangan ini, perkembangan Kota Pekanbaru sangat pesat.

Baik segi infrastruktur, pendidikan, penanganan stunting dan lainnya. Namun semua ini perlu ditingkatkan lagi, dengan sinergitas dari semua pihak.

Pj.Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir dan memberi dukungan atas pelaksanaan sidang paripurna ini.

“Ya, Alhamdulillah kita baru saja selesai rapat paripurna istimewa hari jadi kota. Semua berjalan lancar dan khidmat. Terima kasih atas dukungan semua pihak,” kata Plt Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama, usai paripurna.

Dia berharap, peringatan HUT ke-240 tahun ini, Kota Pekanbaru semakin hari semakin meningkat pembangunannya. Baik infrastruktur, pelayanan, pendidikan dan sektor lainnya.

“Apa yang sudah baik, tentu akan dipertahankan dan dievaluasi dan ditingkatkan. Kota Pekanbaru ini harus sama-sama kita majukan karna ini tanggungjawab kita semua,”pintanya.(ADV).
Axact

Kontras Riau

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Berikan Komentar Terbaik Anda yang Mencerminkan Kredibilitas Anda Untuk Kemajuan NKRI yang Kita Cintai