PEKANBARU - KontrasRiau.Com - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah salah satu program Kemendikbudristek RI. Sebagai salah satu sarana pencapaian Profil Pelajar Pancasila, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik,  untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.
Giat P5 kali ini yang dilakukan seluruh siswa-siswi kelas VII 1 hingga kelas VII 6 SMPN 14 Pekanbaru mengangkat tema " Kearifan Lokal " dengan membuat Makanan dan Minuman Khas Melayu Riau.
Giat P5 yang dilakukan siswa-siswi kelas VII SMPN 14 Pekanbaru ini, dengan Membuat Makanan dan Minuman Khas Melayu Riau ini didampingi oleh orangtua murid masing-masing kelas mulai dari kelas VII 1 hingga Kelas VII 6, yang istilahnya adalah Paguyuban Orangtua.
Pada kesempatan kali ini, pantauan langsung dari awak Media KontrasRiau.Com, turut hadir Kepala Sekolah SMPN 14 Pekanbaru Elvi Defita, S.Pd.,M.Pd. sekaligus mencicipi hasil karya dari peserta didik berupa Makanan dan Minuman Khas Melayu Riau dengan didampingi Ketua P5 SMPN 14 Ega Mayasari, S.Pd dan para guru  selaku dewan juri yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah.
Masing-masing kelas telah menampilkan serta menyajikan Makanan dan Minuman Khas Melayu Riau, Terbaiknya 
yang sangat enak, lezat dan tentunya juga segar dan menyehatkan bagi kesehatan tubuh kita. Tampilan dan karya dari peserta didik siswa-siswi kelas VII ini sangatlah banyak sekali dan beraneka ragam ada disini.
Mulai dari Makanan  Khas Riau, seperti : Mie Sagu, Nasi Lemak, Roti Canai, Sempolet, Roti Jala, Asam Pedas Patin dan Bolu Kemojo, serta untuk Minumannya ada Es Air Mata Pengantin, dan Es Laksamana Mengamuk.
Kepsek SMPN 14 Pekanbaru Elvi Defita, S.Pd.,M.Pd. mengatakan pada pertemuan minggu terakhir anak-anak buat kegiatan P5, dengan tema Kearifan Lokal dengan membuat makanan dan minuman khas melayu riau. Jenis makanan ada Sempolet, Roti Jala, Nasi Lemak, Bolu Kemojo, Roti Canai,  Asam Pedas Patin dan lainnya, untuk minuman nya ada Es Air mata pengantin dan Es Laksamana Mengamuk." Terang Elvi Defita, S.Pd., M.Pd. Kepada Media KontrasRiau.Com. Kamis(29/02/2024)pagi.

" Kalau secara teori, anak-anak kami kelas VII sudah dikuasai dan sekarang tinggal actionnya saja. Pada kegiatan ini juga di dampingi oleh paguyuban orangtua." Pungkasnya.

Harapan lani tentunya anak-anak kami lebih dekat dan mengenal segala jenis makanan dan minuman khas melayu riau, yang cita rasa yang enak dan lezat dengan khasanah melayu riau.

" Dan kedepan anak-anak kita sudah bisa buat segala karya dan produknya dari awal hingga jadi." Tuturnya.

Ega Mayasari, S.Pd. Ketua Projek P5 Guru SMPN 14 Menyebutkan bahwa dapat kami sampaikan bahwa sebelum kita lakukan praktek, kita siapkan dulu modulnya terlebih dahulu,  lebih kurang waktunya selama bulan. Dari perencanaan hingga action atau praktek langsung." Ujar Ega Mayasari, S.Pd.

" Dalam hal ini, pada giat ini kami.juga berkolaborasi dengan paguyuban orangtua. Artinya anak-anak kita siswa kelas VII 1 hingga kelas VII 6, mereka membuat makanan dan minuman khas melayu riau, yang punya cita rasa yang tinggi, sehat dan menyehatkan bagi tubuh kita, tentunya." Urainya.

Sandra Dewi Yunita Perwakilan Paguyuban Orangtua murid menyampaikan bahwa melalui kegiatan P5 ini menurut kami, sangatlah bagus sekali dan banyak manfaatnya buat anak-anak kami." Sebutnya.

" Sehingga anak-anak kami bisa lebih mandiri dan tidak tergantung lagi dengan orangtua murid, punya kreatifitas sendiri. Artinya mereka nantinya bisa membuat makanan dan minuman sendiri." Tutur Sandra Dewi Yunita.

Naurah Anindya Putri Perwakilan Kelas VII 1 Menuturkan bahwa kelas kami pada giat P5 kali ini "Kearifan Lokal" dengan membuat makanan dan minuman khas melayu riau, seperti makanan asam pedas patin dan bolu kemojo, mie sagu sedangkan minumannya Es Laksamana Mengamuk." Jelas Naurah kepada awak media KontrasRiau.Com.

" Perasaan kami dan kawan-kawan kelas VII 1 tentunya sangat senang dan bahagia, dengan adanya pujian serta penilaian dari Ibu Kepala sekolah, para guru dan dewan juri terkait hidangan serta rasa yang kami buat dan sajikan pada giat P5 kali ini." Ujarnya.

Dan kami berharap semoga dengan adanya penilaian ini, nilai kelas kami akan bertambah lebih baik dan bagus lagi." Tutupnya.(Omeng)

Axact

Kontras Riau

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Berikan Komentar Terbaik Anda yang Mencerminkan Kredibilitas Anda Untuk Kemajuan NKRI yang Kita Cintai