Kontrasriau.com – Ratusan camat dari sejumlah provinsi yang termasuk dalam wilayah barat berkumpul di Pekanbaru mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang dibuka Mendagri Tjahjo Kumolo pada kamis (16/11/2017). Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Arya Duta ini juga dihadiri Dirjend Bina Administrasi Kewilayahan (BAK) Eko Subowo. Kemudian Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, serta ratusan camat termasuk seluruh camat yang ada di Riau.

Diantara, amanat yang disampaikan Mendagri pada kesempatan ini, mengingatkan bahwa peran camat sebagai perpanjangan tangan bupati dan walikota di daerah harus bisa memahami tugas dan fungsinya. Karena menurut Mendagri, tanpa memahami tugas dan fungsi tersebut, maka camat tidak akan bisa bekerja maksimal, kecuali hanya menjalankan tugas rutinitas yang ada.

“Fungsi camat adalah sebagai perpanjangan bupati. Karena itu, saya ingatkan setiap camat harus bisa memahami tugas mereka. Camat harus bisa memaksimalkan peran mereka di wilayahnya,” kata Mendagri.

Memaksimalkan peran dan tugas mereka secara maksimal menurut Mendagri diantaranya, seorang camat harus bisa merangkul dan memberdayakan seluruh elemen di wilayah masing-masing.

Seperti Kapolsek, Lurah, Koramil, Babinsa, Bhabinkamtibmas. Kemudian ada juga RW dan RT serta tokoh masyakat. Elemen-elemen yang ada diwilayah kecamatan ini harus digerakan. Namun sebelum melakukannya, seorang camat harus mau turun ke masyarakat, mendatangi elemen yang dimaksud untuk bersinergi dalam memaksimalka perennya di kecamatan.

“Banyak yang bisa digerakan, mulai masalah keamanan. Tanpa adanya sinergitas dengan seluruh pihak terkait tak akan jalan dengan baik,” ungkap Mendagri.

Begitu juga soal kesehatan, peran RW dan RT sangat menentukan. Karena yang langsung berhubungan dengan dengan masyarakat adalah dua elemen kecil ini, termasuk tim PKK dimasyarakat.

Mendagri mengharapkan peran strategis camat sebagai inovator pelayanan publik dan pembina serta pengawas penyelenggaraan pemerintahan desa untuk dapat menciptakan ruang lingkup pemerintahan yang transparan dan bebas korupsi.

Foto Fitrah Dayun II.
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman memberikan penghargaan kepada Kecamatan Terbaik di Provinsi Riau.
Ia juga meminta kepada para kepala derah dan camat di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pengawasan penyaluran dan penggunaan dana desa dari pemerintah pusat.Karena hingga kini masih ada laporan penggunaan dana desa yang belum tepat sasaran sehingga tidak berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat desa.

“Sesuai arahan pak presiden beberapa waktu lalu, 20 persen minimal dana bantuan desa harus berwujud uang dalam bentuk padat karya dari hampir 1 miliar dana desa tersebut,” kata Mendagri.

Terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 mendatang, ia meminta untuk mengedapankan untuk kampanye yang positif dengan mengedepankan visi-misi yang membangun dan menghindari isu hoax hingga SARA.

Selain memberikan sambutan serta materi, Mendagri juga memberikan penghargaan kepada Kecamatan Terbaik di Provinsi Riau antara lain Terbaik I Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, Terbaik II Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu, dan Terbaik III Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu.

Masing-masing Kecamatan diberikan Piagam Penghargaan Gubernur Riau dan plakat, serta uang pembinaan sebesar Rp 70 juta untuk Kecamatan Terbaik I, uang pembinaan sebesar Rp 50 juta untuk Kecamatan Terbaik II, dan uang pembinaan sebesar Rp 20 juta untuk Kecamatan Terbaik III.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada Kecamatan Terbaik di Provinsi Riau.

Turut hadir dalam Rakornas ini Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Ditjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Eko Subowo, Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, dan unsur Forkopimda. (MediaCenter)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Axact

Kontras Riau

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments:

Berikan Komentar Terbaik Anda yang Mencerminkan Kredibilitas Anda Untuk Kemajuan NKRI yang Kita Cintai