Search

Mahasiswa UIR Bersama Atlet Sambo Riau Persembahkan 4 Medali Emas dan 1 Perak Ekshibisi PON XX di Papua

Mahasiswa UIR Bersama Atlet Sambo Riau Persembahkan 4 Medali Emas dan 1 Perak Ekshibisi PON XX di Papua

PAPUA – KontrasRiau. Com – Tiga atlet petarung Cabor Sambo Kontingen Riau bethasil mempersembahkan 4 medali emas dan 1 perak pada pertandingan ekshibisi Pekan Olahraga Nasional ( PON) XX di Papua. Salah seorang atlet Sambo, Agus Sapri merupakan mahasiswa Semester 7 Prosi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR).

Perolehan 4 (Empat) medali emas dan 1 (Satu) Perak diperoleh dari 2 (Dua) medali emas dari atlet Agus Tianto (dikelas Combat 53 Kg) menang KO atas atlet DKI Jakarta dan Agus Sapri (Kelas Combet 58 Kg) yang menang Telak 10-3 atas atlet Lampung. Kemudian, 2 (Dua) medali emas lagi didapatkan dari dua kelas yang di pertandingan, dimana Atlet Riau mendapatkan yang terbaik (The Best). Sementara, Bima Agung Purnomo (Dikelas Combet 64 Kg) kalah difinal dari atlet Kaltim, sehingga mendapatkan medali Perak.

Penampilan ekshibisi perdana para atlet Sambo Riau di arena PON ditunjukkan Agustianto berhasil yang sukses menyabet medali emas setelah menang KO atas atlet Sambo DKI Jakarta di kelas 53 Combet, Sabtu (9/10/2021).

Selain itu, atlet Sambo Agus Sapri yang turun di kelas 58 combet, berhasil mengalahkan pesambo dari Lampung dengan skor telak 10-3. Sedangkan medai perak diraih oleh Bima, yang kalah dari pesambo Kalimantan Timur.

Ketua Persatuan Sambo Indonesia ( PERSAMBI) Riau, Drs. H. Ian Machyar, MM saat dihubungI Tirastimes.com, Minggu (10/10) mengungkapkan rasa kebahagiaannya atas hasil pertandingan eksibi yang baru pertama kali diikuti kontingen Sambo Riau. Hasilnya pun tak tanggung-tanggung dengan 4 medali emas dan 1 perak yang diraih oleh tiga atlet Sambo di PON XX di Papua.

“Pada Papua XX Papua ini kita membutkikan mampu menyumbangkan 4 medali emas dan 1 perak untuk Riau di cabang olahraga Sambo. Meskipun cabor Sambo hanya eksibisi diikuti 22 provinsi namun ini sdh menjadi modal dasar dalam pengembangan dan pembinaan cabor Sambo Riau ke depan,” kata Ian Machyar.

Bahkan, kata Ian Machyar, Agustianto dan Agus Sapri berhasil memperoleh prediket Petarung Terbaik di PON XX di Papua sehingga menambag perolehan dua medali emas lafi.

“Dua atlet Sambo kita yakni Agustianto dan Sapri berhasil terpilih sebagaui Atlet Terbaik Sambo Tingkat Nasional. Saya sangat bangga. Kedepan kita akan terus mempertahankan prestasi ini dan akan meningkatkannya, ” paparnya.

Ian selanjutnya menjelaskan, pertandingan ekshibisi Sambo memang belum masuk hitungan pengumpulan medali bagi kontingen Riau tetapi secara de facto di tempat pertandingan , seluruh proses dan proses jalannya pertandingan sama persis dengan cabor-cabor lain yang dipertandingkan selama PON XX ini.

Ian Machyar berharap, dengan perolehan 4 medali emas dan 1 perak di PON ini, KONI Riau dapat lebih memperhatikan pembinaan cabor Sambo terkaut fasilitas, saran dan prasarana dalam mempersiapkan atlet pada iven-iven selanjutnya baik di tingkat daerah, nasional mauoun tingkat internasional setelah PON Papua ini.

Dijelaskan, dalam waktu dekat Tim Sambo Riau akan menghadapi Kejurnas bulan November ini serta PON XXI di Sumut Aceh.

Related posts

Leave a Comment