Search

Walikota Pekanbaru Himbau Orangtua Bimbing dan Awasi Peserta Didik di Rumah

Walikota Pekanbaru Himbau Orangtua Bimbing dan Awasi Peserta Didik di Rumah

Pekanbaru – KontrasRiau.com – Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, mengimbau kepada orangtua peserta didik, supaya dapat membimbing dan mengawasi anak mereka di rumah, pasca aktivitas belajar mengajar di sekolah ditiadakan hingga sementara waktu.

Wako mengatakan, aktivitas di sekolah ditiadakan bukan berarti peserta didik libur. Namun, pembelajaran dipindahkan ke rumah masing-masing untuk sementara waktu.

“Bagi orangtua, saya mengimbau, anak-anak bukan libur. Tetapi anak-anak kita belajar di rumah, anak-anak dibawah bimbingan orangtua dan guru,” kata Walikota, Selasa (24/3/2020).

Dijelaskannya, aktivitas siswa belajar di rumah dapat menggunakan sistem E-learning. Oleh sebab itu juga diperlukan pengawasan dan bimbingan dari orangtua, agar peserta didik tidak keluar rumah mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Kepada orangtua jangan dibiarkan anak keluyuran. Tujuan kita merumahkan peserta didik supaya dapat terisolasi, dan dapat memastikan tidak kontak dengan orang lain,” terangnya.

Sebelumnya, aktivitas pembelajaran mulai dari tingkat PAUD/TK hingga Perguruan Tinggi di Pekanbaru dipindahkan ke rumah hingga 19 April mendatang.

Kebijakan tersebut diberlakukan Pemerintah Kota, seiring dengan penetapan status tanggap darurat bencana non alam akibat Covid-19 di Kota Pekanbaru selama sebulan ke depan. Terhitung sejak 21 Maret hingga 19 April 2020 mendatang.

Para orangtua murid, perlu dijaga dan diawasi anaknya, Pemerintah membuat kebijakan ini demi menjaga kesehatan dan keselamatan bersama, termasuk didalamya anak-anak usia sekolah yang ada di Kota Pekanbaru ini, jangan sampai penyebaran virus Covid-19 ini membawa dampak yang lebih luas lagi dan menimpa anak-anak usia sekolah, hal ini yang sangat dikuatir sekali oleh Pemerintah.

Dalam hal ini pentingnya peran orangtua murid agar selalu senantiasa mengawasi dan membimbing anaknya untuk tidak melakukan kegiatan diluar rumah yang tidak penting, dan juga kami berharap bila keluar rumahpun dengan situasi yang darurat, harus tetap menjaga dan ikuti aturan Pemerintah, ikuti Protokol Keshatan Covid-19.

Jaga Jarak, Rajin mencuci tangan, Pakai Masker, serta hindari kerumunan, guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, karena kalau tidak ketat dan serius kita mengawasi anaknya, maka kita kuatir nantinya penyebaran virus ini akan meluas.

oleh karena itu Peran Pemerintah saja dalam hal ini belumlah cukup, harus juga dibarengi dan didukung penuh oleh seluruh elemen masyarakat, ormas, BUMN, pihak Swasta dan termasuk juga didalamnya peran dan dukungan dari pada para orangtua peserta didik dimanapun berada dan dalam keadaan apapun harus ikuti aturan Protokol Kesehatan Covid-19.

Apalagi saat ini masih rawan sekali dan belum tentunya dalam waktu dekat virus Covid-19 ini hilang, artinya kita sama-sama berdoa dan berusaha secara maksimal, bahu membahu secara serentak untuk mensyiarkan Protokol Kesehatan Covid-19 kepada seluruh komponan serta lapisan masyarakat dimanapun berada, agar selalu di ikuti dan ditaati, agar kita semua dan juga anak-anak usia sekolah dapat terhindar dari penyebaran virus Covid-19 ini.

Karena itulah perlunya Kerjasama yang baik antara Pemerintah dengan elemen masyarakat, pihak swasta, stekholder dan komponen lainnya, ya kita sama-sama Berdoa dan berharap, semoga saja dalam waktu yang tidak lama virus Covid-19 ini berakhir, sehingga nantinya kedepan anak-anak usia sekolah dapat kembali bersekolah dengan tenang, aman dan kondusif. Harapan DR.H. Firdaus,ST.,MT Walikota Pekanbaru.(Advertorial)

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment