Search

Pemerintah Kecamatan Inuman Lakukan Rakor Sensus Penduduk 2020

Pemerintah Kecamatan Inuman Lakukan Rakor Sensus Penduduk 2020

Inuman(Kuansing) – KontrasRiau.com – Pemerintah Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi Riau menggelar rapat koordinasi dalam rangka sosialisasi sensus penduduk online (SPO) 2020, di aula kantor camat inuman,Rabu(19/02/2020)pagi.

Rapat koordinasi tersebut, dipimpin langsung oleh Camat Inuman Arifin SE , dihadiri oleh Kasubag TU BPS Kuantan Singingi Aditia Nungraha, KSK Inuman Dodi Firmansyah ,Danramil Cerenti,Kapolsubsektor Inuman,Kepala Desa Sekecamatan Inuman dan para Tokoh Masyarakat.

Arifin,SE selaku Camat Inuman sangat berharap kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan sensus penduduk online tahun 2020 ini.

Selain itu, Arifin juga menyampaikan, semua pihak terkait dapat berkoordinasi dan mendukung program pemerintah melakukan sensus penduduk tahun 2020.

Sementara Kasubag TU BPS Kabupaten Kuansing, menyebutkan, dasar kegiatan sensus penduduk yaitu Undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan statistik.

Termasuk pula katanya, rekomendasi PBB mengenai sensus penduduk dan perumahan. Atas dasar itu, Badan Pusat Statistik akan melaksanakan sensus penduduk tahun 2020.

“Ini merupakan yang ke 7 sejak tahun 1961, dengan tujuan mendata jumlah komposisi persebaran dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar perencanaan dan kebijakan pemerintah,” jelasnya.

Lanjut Aditia, manfaat data hasil sensus penduduk, untuk mengetahui kebutuhan infrastruktur. Seperti jumlah dan fasilitas sekolah, jumlah dan fasilitas kesehatan, fasilitas-fasilitas komunikasi seperti jaringan telepon dan internet yang memadai. Dan infrastruktur lainnya.

Kemudian manfaat lainnya, sensus penduduk mampu membangun budaya baru masyarakat, terhadap arti dan pentingnya data, dimulai dari kepedulian terhadap data pribadinya.

“Karena itu, kami mohon kerjasamanya kepada instansi pemerintah untuk menyampaikan dan menyebarluaskan informasi sensus penduduk 2020 ini demi kemajuan bangsa dan negara,” tutur Aditia. (LO)

Related posts

Leave a Comment