Search

Ini Kata Arta Melia : Jika Ada Panitia Pengisian BPD Memungut Biaya, Silahkan Lapor ke Pihak Berwajib

Ini Kata Arta Melia : Jika Ada Panitia Pengisian BPD Memungut Biaya, Silahkan Lapor ke Pihak Berwajib

Teluk Kuantan(Kuansing) – KontrasRiau.com – Terkait isu adanya beberapa panitia pemilihan BPD di Salah Satu Desa di sebagian Kecamatan yang ada dikabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau melakukan pemungutan biaya pendaftaran kepada Bakal Calon BPD (Badan Pemerintah Desa), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuantan Singingi menghimbau kepada bakal calon BPD untuk melaporkannya ke pihak berwajib jika ditemukan ada panitia pemilihan BPD memungut biaya.

“Jika ada panitia pemilihan BPD yang memungut uang silakan lapor ke pihak berwajib,” ungkap Kabid Pemdes DPMD Kuansing Arta Melia,SSTP.M.si, kepada media ini, Senin(17/02/2020) Siang Diruang kerjanya.

Menurutnya, untuk pelaksanaan pemilihan BPD sudah ada anggarannya masing-masing yang bersumber dari APBDes. Jadi dengan anggaran tersebut dapat dimaksimalkan untuk pelaksanaan pemilihan BPD.

“Saya pikir dengan anggaran dari APBDes, sudah cukup untuk pelaksanaan pemilihan BPD,” Katanya.

Lanjut dia mengatakan, jika masih ada pihak panitia pemilihan BPD yang memungut biaya dari Bakal Calon (Balon) BPD silahkan ajukan keberatan dan lapor kepada pihak yang berwajib.

“Jika memang masi ada Balon BPD yang dipungut biaya dan merasa keberatan, silahkan lapor kepada pihak berwajib karena tidak ada ketentuan dalam aturan baik Perda maupun Perbub,” Tegasnya.

Dirinya pun meminta kepada panitia pelaksana pemilihan BPD untuk tidak memaksa dan memungut uang kepada para calon BPD.

“Saya imbau kepada panitia pelaksana pemilihan BPD jangan ada yang memungut biaya kepada Bakal Calon BPD, karena sudah ada anggarannya,”tandasnya.

Seperti diketahui, pendaftaran calon BPD Kabupaten Kuantan singingi telah dibuka. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kuansing , menghimbau kepada bakal calon BPD jika ada panitia pemilihan BPD yang memungut uang silakan lapor ke pihak berwajib,karena dari informasi pungutan berkisar Rp. 300.000 hingga Rp.600.000 per calon.

“Dari informasi yang berhasil diterima, diduga ada beberapa panitia pemilihan BPD yang memungut biaya pendaftaran kepada Bakal Calon BPD, Dan sudah ada desa yang kami datangi, kemudian kita berikan teguran, Dan kita akan beritahu kepada masing masing camat dalam waktu cepat,tidak ada nya biaya apapun yang di keluarkan oleh para kontestan BPD nantinya, ini jelas salah” tukasnya.(rilis)

Sumber:RiauKontraS.com

Related posts

Leave a Comment