Search

Kabid SMA Aristo,M.Pd. Buka Kegiatan TOT Bagi Guru Inti Mapel Matematika dan Kimia SMA Se-Riau

Kabid SMA Aristo,M.Pd. Buka Kegiatan TOT Bagi Guru Inti Mapel Matematika dan Kimia SMA Se-Riau

PEKANBARU – KontrasRiau.com – Dinas Pendidikan Provinsi Riau menggelar kegiatan Training Of Trainer (TOT) bagi guru inti mata pelajaran Kimia dan Matematika SMA Se-provinsi Riau. Kegiatan bertempat di Hotel Dafam, Pekanbaru, 16 – 19 Agustus 2022.

Nirmala Ketua Panitia Kegiatan TOT”Alhamdulillah kegiatan kita sore hari ini adalah kegiatan TOT bagi guru inti Mapel Kimia dan Matematika, yang akan kita selenggarakan mulai tanggal 16 – 19 Agustus 2022.” Sebut Nirmala dalam sambutannya.

Tambah Nirmala, bahwa kegiatan kita ini bertujuan untuk meningkatkan Keprofesionalan guru inti Mapel Matematika dan Kimia.

Serta memacu peningkatan, proses pembelajaran di sekolah, dan pengimbasannya ke MGMP dan juga guru-guru lainnya, serta mencetak sumber daya manusia, yaitu berupa guru inti mata pelajaran Matematika dan Kimia yang handal dan berdaya saing.

Dan Narasumber kita berasal dari Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Riau, Balai Peningkatan Mutu Peningkatan Provinsi Riau.

Kami berharap nantinya, pada para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, serta kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan sukses.” Tutur Nirmala.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, yang diwakili oleh Aristo,M.Pd. selaku Kabid SMA Di Disdik Provinsi Riau”Banyak cara kita untuk meningkatkan kualitas, kita anggap forum MGMP(Musyawarah Guru Mata Pelajaran), jadi ini komunitas guru mata pelajaran. Cara ini yang paling efektif,karena mereka ada pertemuan perbulan nya.” Terang Aristo,M.Pd. Kepada Media KontrasRiau.com, di sela acara kegiatan TOT ini.

Tambah Aristo, bagiamana strategi cara pembelajaran ini akan lebih banyak karena mereka inikan berdiskusi. Cara materi dan pembelajaran yang baik seperti apa, secara kontinyu hal ini menurut saya paling efektif sekali.

Tupoksi dari guru inti tersebut antara lain, mengatur jadwal pertemuan MGMP, apa kegiatannya dari pagi hingga selesai.

Dari tempat, kegiatannya dimana, hingga Snack nya seperti apa dan fasilitas lainnya.

Para peserta kali ini, dari aspek akademiknya sudah cukup baik, penguasaan materi juga begitu, dan juga aspek teknik-teknik mengajar nya mereka ini dianggap baik.

Harapan kita pada para guru inti, yang saat ini mengikuti kegiatan ini, nantinya dapat saling berperan aktif di MGMP nya masing-masing.

Karena kalau tidak aktif dan tidak saling koordinasi dan bekerjasama, kita kuatir nantinya MGMP nya tidaklah jalan dengan baik.

Jadi untuk tahun ini, kita anggarkan untuk 4 jenis kegiatan, yakni yang lalu kita gelar acara TOT bagi guru inti Biologi dan Fisika. Dan sekarang ini TOT bagi guru Inti Mapel Matematika dan Kimia. Ini merupakan sebagai pilot project ” Jelas Aristo.

Kegiatan ini berjalan dengan aman, lancar dan sukses. Pada kegiatan pembukaan kali ini, di ikuti oleh masing-masing perwakilan guru inti Mapel Matematika dan Kimia di 12 Kabupeten/Kota se-Riau, total jumlah peserta sebanyak 48 orang.

Dan acara yang sama, Kabid SMA Aristo melepas 13 orang guru yang mendapatkan Beasiswa pendidikan dari Pemerintah Provinsi Riau untuk Jenjang S2 sebanyak 9 orang dan untuk S3 sebanyak 4 orang untuk belajar ke UPI Bandung. (Omeng)

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment