Search

Kabid SMA, Drs. Aristo,M.Pd. : Sudah Mulai Pra Pendaftaran Masuk SMA/SMK se-Riau

Kabid SMA, Drs. Aristo,M.Pd. : Sudah Mulai Pra Pendaftaran Masuk SMA/SMK se-Riau

PEKANBARU – KontrasRiau.com – Untuk persiapan pelaksanaan PPDB Online tahun 2022 tingkat SMA dan SMK se-Provinsi Riau, tahun pelajaran 2022-2023. Pertama kita sudah bentuk panitia bersama yakni Dinas Pendidikan dan Kominfo Provinsi Riau.

Dinas pendidikan bertanggung jawab dengan pelaksanaan, sedangkan Kominfo bertugas pada aplikasi.

Kemudian kita juga sudah lakukan Launching, PPDB Online oleh Bapak Gubernur Riau, Drs H. Syamsuar,M.Si di gedung balai serindit, pada hari Senin kemarin tanggal 20/06/2022, menandakan bahwa, PPDB sudah mulai berlangsung.

Tahapan Berikutnya adalah, pada tanggal 20 s/d 24 Juni 2022, adalah tahapan Pra Pendaftaran.

Pra Pendaftaran itu dimana masyakarat, atau Calon Siswa, mengisi atau mengupload persyaratan-persyaratan umum,

Persyaratan umum, antara lain : Kartu Keluarga, Surat Keterangan Lulus(Karena Ijazah Belum Dapat), Kemudian Akta Kelahiran, dan Raport Semester 1 sampai 5.

Upload dulu, ke Dokumen kemudian mengisi data-data yang ada. Nanti di tanggal 27 Juni 2022, itu baru mulai tahapan pendaftaran.

Pendaftaran ini, Calon Siswa akan mengisi sekolah pilihannya. Jadi di tanggal 20 Juni 2022 ini belum muncul menu pilihan sekolah.

Jadi baru mengupload data, baru pada tanggal 27 Juni 2022 akan muncul menu pilihan sekolah.

Seterusnya mengisi jalur mana yang kita inginkan, berkaitan dengan jalur pendaftaran, sebagaimana tahun lalu, dan sesuai Permendikbud nomor 1 tahun 2021, jalur itu ada 4.

1. Jalur Zonasi, jalur zonasi ini kapasitasnya 50 persen. 2. Jalur Prestasi, ini 30 persen, berdasarkan nilai rata-rata nilai raport semester 1 sampai 5 SMP atau MTS sederajat ditambah prestasi non akademik, apakah dibidang Olahraga, atau Seni, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional maupun tingkat Internasional (ini nilai-nilai nya atau score).

3. Jalur Perpindahan Orangtua, ini ada 5 persen, 4 Jalur Afirmasi, jalur ini bagi Anak-anak yang kurang mampu/miskin ada kuota sebesar 15 persen.

Jadi pada Masyakarat ataupun Calon Siswa, dipersilahkan, untuk masuk mendaftar menggunakan, dengan Jalur mana.Keempat Jalur ini, dapat digunakan sesuai dengan pilihan masing-masing.” Tutur Drs. Aristo,M.Pd. Kabid SMA Disdik Provinsi Riau, sekaligus Ketua Panitia PPDB Online 2022 tingkat SMA dan SMK. (Omeng)

 

 

Related posts

Leave a Comment