Search

Hari Ini 255 Orang Penyuluh, Penghulu, Kepala KUA Ikuti Penyuluhan Moderasi Beragama Bagi PNS dan Non PNS Se-Riau

Hari Ini 255 Orang Penyuluh, Penghulu, Kepala KUA Ikuti Penyuluhan Moderasi Beragama Bagi PNS dan Non PNS Se-Riau

PEKANBARU – KontrasRiau.com – Sebanyak 255 peserta yang terdiri : Penyuluh, Penghulu dan Kepala KUA se-Riau, mengikuti Penyuluhan Moderasi Beragama bagi penyuluh agama PNS dan Non PNS. Kegiatan selama 3 hari mulai tanggal, 08 – 10 Desember 2021. Pelaksanaan bertempat di Hotel Pangeran – Pekanbaru.

Rangkaian kegiatan acara ini, seluruh peserta mengikuti Protokol Kesehatan yang ketat.

Narasumber kita dari Tim Pokja Moderasi Beragama Nasional, diantaranya : Cecep, Iwan, Imam Hanafi, dan lainnya di perkirakan ada 9 orang Narasumber.

Kegiatan kali ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau DR.H.Mahyudin,MA di dampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Drs.H.Asmuni Hasan,MA. dan Kasubag Ortala dan KUB H. Gana Raguna, MH.

Pelaksanaan kegiatan seluruh peserta mengikuti Protokol Kesehatan yang Ketat, guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Kakanwil Kamenag Riau DR.H.Mahyudin,MA ” Bahwa kegiatan ini masuk pada RPJMN dan Renstra Menteri Agama tahun 2020-2024, kita sampaikan Moderasi Agama ini di sampaikan ke masyarakat, karena kondisi yang ada saat ini, memahami ajaran agama itu kadang, tidak memahami secara benar.

Padahal kita diajar untuk memahami agama itu, secara benar berada di posisi tengah, tidak ekstrim kiri dan ekstrim kanan.

Sekarang ini kita lihat, umpama dia bilang, bagi orang lain itu salah. Oleh karena itu menurut kami tidak benar. Melalui Moderasi Beragama itu, adalah bagian dari hal yang tidak seperti itu.

Target kita yang terpenting adalah memberikan pemahaman, KUA, Penyuluh Agama, bagi PNS dan Non PNS kita.

Apa itu moderasi agama dan apa saja Indikator-indikatornya, dan apa yang harus dilakukan setelah mengikuti pelatihan ini.

Tentunya nanti para Instruktur Kita akan menyampaikan, oleh karena itu tentunya bila mereka sudah memahami moderasi agama, aplikasi kan untuk diri sendiri dulu.

Dan tentunya kita berharap, untuk diberikan pemahaman kepada Masyarakat, secara umum.

Alhamdulillah bila ini sudah selesai nantinya, penguatan Moderasi agama ini, terhadap 505 pegawai dan para penyuluh agama kita.

Tentu kalau dikembangkan, untuk satu orang saja mengembangkan terhadap 50 orang, sudah berapa itu orang yang telah memahami?

Kalau itu terjadi tentu, tingkat toleransi beragama, harmonis beragama itu bisa terjalin, itu tujuan kita.” Tutur H. Mahyudin.

Disela acara Kabag Tata Usaha Kanwil Kamenag Provinsi Riau Drs. H. Asmuni Hasan,MA. Menambahkan bahwa” Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, memberikan peningkatan, pemahaman tentang kehidupan sebagai warga negara serta memahami secara utuh.

Kami berharap melalui penyuluhan ini kepada para peserta adanya peningkatan pemahaman terhadap Moderasi Beragama ini akan lebih membawa dampak yang positif, dan penyampaian secara Masif kepada Masyarakat luas di Provinsi Riau.” Ujar Asmuni Hasan.(Omeng)

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment