Search

Panitia Kecamatan Agendakan Pelaksanaan Tradisi Mandi Balimau Sultan, dengan Ikuti Prokes Secara Ketat Bagi Warga

Panitia Kecamatan Agendakan Pelaksanaan Tradisi Mandi Balimau Sultan, dengan Ikuti Prokes Secara Ketat Bagi Warga

PELALAWAN – KontrasRiau.com -Panitia kecamatan agendakan acara tahlil berhanyut pada tanggal 07 April 2021, dilanjutkan besoknya Event Mandi Balimau Sultan pada tanggal 08 April 2021 mendatang.

Kegiatan bertempat di Lokasi Istana Sayap Pelalawan.” Terang Tengku Toni selaku Koordinator Tahlil Berhanyut.

Acara pengiring dari belimau sultan itu adalah acara tahlil berhanyut, tradisi atau budaya tahlil berhanyut atau lazim disebut pada masanya ghaib berhanyut, konon adalah ritual tolak bala yang dilaksanakan masyarakat muslim dibeberapa daerah khususnya di Kabupaten Pelalawan, Keluarahan Pelalawan. Tambah Toni.

Biasa tahlilnya menggunakan kapal yang kapasitas muatan besar,acara tahlil berhanyut dibuat ketika menyambut 1 Muharram dan juga pada saat memasuki bulan suci ramadhan.

Pada tahun 2021 ini kita kembali mengagendakan suatu event religius yakni Mandi Belimau sultan pelalawan sebagai simbol kita wajib bersih,bersuci baik jasmani dan rohani kita dalam menjalani ibadah di bulan Suci Ramadhan nantinya.

Nah Belimau Sultan berarti sultan pelalawan H.Tengku Kamaruddin Haroen bin Sultan Syarif Harun atau Sultan Syarif Kamaruddin yang diangkat menjadi Sultan Pelalawan ke- 10 oleh Lembaga Kerapatan Adat Melayu Kabupaten Pelalawan pada tanggal 7 Agustus 2008, dengan gelar Sultan Assyaidis Syarif Kamaruddin Haroen pada pelaksaan acara Mandi Belimau tersebut.

Memberikan Petuah Amanah nya Sebagai Seorang Sultan kepada masyarakat pelalawan sekaligus rangkaian acram menyirami atau memandikan beberapa orang perwakilan tokoh
Agama,tokoh Adat dan Kerabat Sultan dengan air rendaman limau.

Untuk Tradisi mandi Belimau sendiri merupakan tradisi yang dilaksanakan turun-temurun hingga saat ini
di balut dalam suatu prosesi acara adat sebagai bukti bahwa kerajaan pelalawan masih kental dengan adat istiadatnya. Jelasnya.

Camat Pelalawan Sakirmadan S.sos membenarkan adat mandi belimau pada kamis 8 April 2021 sudah kita siap kan dapat kami sampaikan bahwa acara kita tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat bekerja sama dengan pihak BLUD Puskesmas Pelalawan.” Ucap Camat

Disamping itu kita juga saling menjaga nilai nilai budaya asli kerajaan pelalawan nantinya.

Semoga Tahlil berhanyut dan kegiatan penyerta lainnya bisa terlaksa sesuai dengan harapan.

Acara Inti Belimau Sultan dengan dihadiri oleh Sultan Pelalawan dan Pemerintah Daerah tetap menjadi acara adat yang mempunyai ciri khas tersendiri karena pada acara tersebut terdapat nilai adat,budaya,dan juga wisata religiusnya. Ujarnya.***

Related posts

Leave a Comment