Search

Percepat Integrasi Satu Data Kabupaten Kampar, Bappeda dan BIG Bakal Gelar Bimtek

Percepat Integrasi Satu Data Kabupaten Kampar, Bappeda dan BIG Bakal Gelar Bimtek

Bangkinang(Kampar) – KontrasRiau.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar dan Forum Satu Data Pemerintah Kabupaten Kampar bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) bakal melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) kegiatan Geoportal Satu Data Kabupaten Kampar. Kegiatan bimtek ini juga sebagai tindak lanjut Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kampar tahun 2019-2039.

Demikian disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, M.Si kepada wartawan, Minggu (25/10/20). “Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pertengahan November 2020,” ujar Azwan.

Terkait dengan kegiatan bimbingan teknis ini Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, M.Si dan Kasubbid Infrastruktur dan Pertanahan Bappeda Zaki Helmi, ST, MEng telah berkoordinasi dan Konsultasi dengan pihak BIG dalam sebuah rapat koordinasi yang dilaksanakan di kantor BIG di Cibinong, Jumat lalu.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Pusat Standardisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial (SKIG) BIG Dr. rer. nat Sumaryono, M.Sc. Rapat tersebut juga diikuti secara virtual oleh Koordinator Pengembangan Kelembagaan dan Simpul Jaringan Informasi Geospasial BIG, Aris Haryanto, S.Kom, MT, dan pihak-pihak terkait pendukung kegiatan bimtek, diantaranya World Resources Institute (WRI) Indonesia, Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) Universitas Riau (Unri).

Dalam pertemuan tersebut Kepala Pusat SKIG Sumaryono mengakui bahwa animo Pemerintah Kabupaten Kampar untuk membangun simpul jaringan geospasial cukup tinggi. “Sekarang kesadaran akan pentingnya geospasial sangat tinggi terbukti dengan adanya kebijakan pemerintah tentang Geospasial,” ujar Sumaryono.

Pada kesempatan tersebut dibahas teknis pelaksanaan bimtek tersebut termasuk rundown acara dan materi yang akan disajikan kepada peserta. Kepala Pusat SKIG Sumaryono selaku keynote speaker pada bimtek tersebut.

Diantara materi yang akan disajikan pada bimtek yakni, jaringan IG Nasional, strategi pengembangan kelembagaan simpul jaringan Kabupaten Kampar, peran serta masyarakat di dalam penyelenggaraan informasi geospasial, data dan informasi geospasial, basis data spasial, SIG dan Geoportal, pemanfaatan Palapa untuk berbagi pakai Data Geospasial Informasi Geospasial secara internal maupun eksternal. Sistem penyampaian materi ada ceramah, diskusi, pre-test, post-test dan pratikum.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan menyampaikan bahwa peserta terdiri dari perwakilan OPD dan pihak yang tergabung dalam forum satu data pemerintah Kabupaten Kampar. Kegiatan direncanakan selama tiga hari.

Disampaikan Azwan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar sangat komit untuk menuju satu data berkelanjutan sehingga bisa menyiapkan smart data. “Kami (Kampar) sudah siapkan Tim dan forum satu data beserta anggarannya,” ujarnya Azwan. (Diskominfo Kampar/Herman Jhoni)

Related posts

Leave a Comment