Search

Wagubri Resmikan Gedung Leterr U SMAN 1 Pekanbaru Sebagai Cagar Budaya

Wagubri Resmikan Gedung Leterr U SMAN 1 Pekanbaru Sebagai Cagar Budaya

Pekanbaru – KontrasRiau.com – Hari ini Peresmian cagar budaya bangunan SMAN 1 diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Riau H. Eddy Natar di dampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Ketua Alumni SMAN 1, Kadis Kebudayaan Riau, Ketua Komite dan pengurus IKA SMANSA, Kepala sekolah SMAN 1 Pekanbaru DR.Hj. Wan Roswita,M.Pd. beserta para guru.

Kegiatan bertempat di lapangan basket SMAN 1, Kamis(27/08/2020)sore.

Wakil Gubernur Riau H. Eddy Natar dalam wawancaranya menyampaikan selamat HUT Ke-65 SMAN 1 dan HUT 75 RI, mudah-mudahan apa yang telah diraih prestasi ini, untuk dapat ditingkatkan oleh semua komponen.

Terkait dengan cagar budaya, Wagubri meminta bangunan lama gedung leter U, yang aslinya sebagai pusat cagar budaya dan yang baru nampak ini adalah bangunan penambahan.

Kita berharap bangunan leter U terjaga dengan baik, dan bermanfaat untuk semua,” Ungkap Wagubri.

Kepsek DR.Hj.Wan Roswita,M.Pd” Bahwa dengan telah diresmikan bangunan SMAN 1 Pekanbaru sebagai cagar budaya, dimana bangunan sekolah ini dibangun oleh PT.CPI tahun 1955.

Oleh karena tentunya kami sangat bangga bangunan leter U dari tahun 1955 yang di bangun oleh PT Caltex, telah dijadikan sebagai pusat cagar budaya, konsekuensi ketika sudah dijadikan pusat cagar budaya, maka pemerintah berkewajiban untuk melakukan pemeliharaan dan merenovasi bangunan ini.

Dan siapapun yang menjadi pemimpin di SMAN 1 nantinya, bukan berarti melakukan perubahan semaunya, karena ini dilindungi oleh Negara. Dan itu harus seizin dari Provinsi, yang tinggal di lokasi cagar budaya tersebut. Ujarnya. (Omeng)

 

Related posts

Leave a Comment