Search

Terasa Betul Manfaatnya Bagi Masyarakat Pulau Busuk Program Padat Karya Tunai

Terasa Betul Manfaatnya Bagi Masyarakat Pulau Busuk Program Padat Karya Tunai

Pulau Busuk(Kuansing) – Kontrasriau.com – Masyarakat Desa Pulau Busuk, Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, mengaku program padat karya tunai (PKT) dana desa (DD) Silpa tahun anggran 2018 yang digulirkan memiliki manfaat bagi masyarakat. Program ini dinilai telah membantu warganya karena mendapatkan income tambahan.

Hal ini diungkapkan, Mardaleni(37) warga desa setempat mengatakan dirinya mengapresiasi adanya program pembangunan yang melibatkan masyarakat sekitar. Sebab, program padat karya tunai itu sangat tersentuh dengan masyarakat.

Kami sangat senang kalau masyarakat sekitar dilibatkan dalam pembangunan. Jadi, masyarakat tidak hanya sekedar penonton saja. Dengan program itu, masyarakat yang nganggur bisa membuka lapangan pekerjaan,” kata Nya saat diwawancarai oleh wartawan media ini,Senin(06/07/2020).

Hal senada diungkapkan, Irwan warga lainnya. Dia mengaku dengan adanya Pembersihan Perkarangan sekitar kampung dari anggaran DD itu, ia terbantu mendapat uang tambahan. Dimana, dalam satu hari bekerja mereka diberi upah sebesar Rp 100.000.

“Biasanya saya bekerja sebagai tani. Dimana, hasil yang didapatkan selama bekerja tidak menentu. Ya, lumayan dengan terlibat dalam kegiatan hari ini bisa menutupi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Busuk Mahyudin,S.Pi mengatakan saat ini pihaknya tengah memberisihkan kampung.

“Setiap kegiatan seperti ini kami melibatkan masyarakat sekitar dengan program padat karya tunai.

Lanjut Mahyudin mengatakan program padat karya tunai itu bertujuan supaya dapat memberikan kesempatan kerja dan tambahan upah kepada masyarakat menengah kebawah. “Pelaksanaan Padat Karya Tunai perlu mempertahankan gotong royong dan partisipasi dari masyarakat desa sehingga kebersihan desa ini yang dihasilkan dapat terpelihara dengan baik dan berkelanjutan,” katanya. Di samping mahyudin berharap masyarakat juga akan terbiasa dengan kebersihan sekitar,kedepannya mungkin saya akan mengadakan lomba kebersihan tingkat dusun di desa ini.tuturnya.

Sementara itu Ketua Bidang Pemerintahan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD)

Desa Pulau Busuk Hengki Yuli Yandi mengatakan, mudah mudahan masyarakat sangat terbantu dan bangga dengan adanya dana desa. Alokasi tersebut dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat untuk membangun desanya.

“Dengan adanya dana desa semua pembangunan di desa ter-cover, dan berjalan dengan mekanisme tau regulasi yang ada hendak.tentunya Kami selaku BPD,akan kami pantau kegiatan kegiatan yang sudah direalisasikan oleh pemdes.kami akan monitoring terus,secara pengawasan tentulah kami tingkat kan.agar penyaluran dana desa ini sesuai dengan regulasi regulasi yang ada.

Turut Hadir di dalam kegiatan Tersebut, Kasubsektor Inuman Ipda Romlan,Bhabin Kantibmas Bripka Jasra,Babinsa Serda J Simamora. Kades beserta Anggota dan BPD Pulau Busuk Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi.(LO)

Related posts

Leave a Comment