Search

Akhirnya Masyarakat Pulau Busuk Tersenyum Manis, Disaat Terima BLT DD

Akhirnya Masyarakat Pulau Busuk Tersenyum Manis, Disaat Terima BLT DD

Inuman(Kuansing) – Kontrasriau.com -Pemerintah Desa Pulau Busuk Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan singingi menyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap I. Selasa(30/06/2020).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kabid PMD Kabupaten Kuansing Artha Melia, Camat Inuman Arifin,SE serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat.

Adapun Keluarga Penerima Manfaat BLT DD Tahap pertama ini Desa pulau busuk tersebut berjumlah 107 penerima, masing-masing penerima mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan yakni Bulan April,Mei,Juni 2020 .

Mahyudin,S.Pi menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan Pemdes pulau busuk menyelesaikan administrasi dan melalui berbagai tahapan sesuai ketentuan terka.

Mahyudin juga berharap kepada masyarakat jangan terlalu cepat termakan isu isu yang belum tau kebenarannya,kalau memang ada isu- isu miring tentang pemerintahan desa langsung saja tanya kan kepada kami.

Sehingga tidak ada keselapahaman diantara kita,baik pemerintah desa,BPD dan masyarakat.

Agar kita bisa menciptakan suasana yang harmonis, tentram di Desa ini.

“Alhamdulillah semua proses telah terlewati sehingga pada hari ini dapat diserahkan BLT-DD Tahap Pertama ke seluruh penerima.

Adapun teknis penyerahan dilaksanakan resmi dengan seremonial, namun kita tetap mengikuti protokeler kesehatan Covid-19.

Camat Inuman Arifin,SE yang berkesempatan hadir juga menyerahkan BLT DD menyampaikan harapannya agar dana BLT- DD ini dapat meringankan beban masyarakat terutama kebutuhan ekonomi beberapa bulan kedepan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa yang telah menyelesaikan tahapan dengan baik meskipun sudah jauh ketinggalan dibandingan dengan desa desa yang ada di kecamatan inuman ini khusus nya bahkan kuansing umumnya, sehingga BLT-DD dapat terlambat tersalurkan ke Keluarga Penerima Manfaat, dan menjadi desa terakhir penyaluran tahap pertama ini dikecamatan inuman.

Arifin,berharap untuk kedepannya segeralah kejar ketingalan selama ini,saya tentunya berharap kedepannya pemdes dan BPD tetap bisa bekerja sama dengan baik dengan berkomunikasi yang harmonis demi kemajuan desa dan kesejahteraan masyrakat pulau busuk ini.

Karena sama-sam kita ketahui untuk memediasi penyelesaian permasalahan ini sudah banyak berbagai tingkatan dinas terkait.

Camat juga menyampaikan dengan tegas,untuk kedepan nya Pemdes dan BPD itu harus seirama,dulukanlah kepentingan masyarakat,karena saudara saudara dipilih oleh masyrakat.

Kalau saudara-saudara tidak sanggup mendahulukan kepentingan masyarakat lebih baik mundur. Ujarnya

Ditempat yang sama Kabid PMD dinas sosial Artha melia,menyampaikan besar harapan kami setelah pencairan BLT ini hendaknya roda pemerintah desa berjalan dengan semestinya.kejar

Kejarlah ketinggalan –  ketinggalan selama ini,semua mata memandang kedesa pulau busuk ini.

Bahkan sudah sampai kekementrian desa.ada apa dan mengapa ? Padahal Struktur organisasi pemerintah desa dan BPDnya lengkap.

Sementara itu Ketua Bidang Pemerintahan BPD Pulau Busuk Hengki Yuli Yandi,menjelaskan bahwa BPD dan pemdes pada dasarnya sudah lama ingin menyelesaikan tahapan , ya” namun pada prosesnya pada hari ini Desa pulau busuk yang jauh paling terakhir dapat menyelesaikan, dan melaksanakan pembagian langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat.

“Proses pengajuan BLT DD memang memerlukan kerja keras dari pemerintah desa, dimulai dari pendataan, selanjutnya melalui mekanisme Musdes Khusus, kemudian hasil musdes wajib diverifikasi oleh tim di kecamatan untuk menghindari terjadinya kesalahan data, serta double penerima dari PKH, BPNT dan BST. Hasil verifikasi selanjutnya berupa SK Penetapan Camat dan Desa segera membuat Peraturan Kepala Desa serta posting perubahan APBDes. Adapun proses pencairan jika Dana Desa Tahap Pertama masih mencukupi di rekening desa maka dapat segera dicairkan, namun jika tidak mencukupi maka menunggu Dana Desa Tahap Kedua di transfer oleh Pemerintah Pusat,” jelas putra yang akrab di sapa bung la ode itu.

Lanjut Bung La ode itu, kami atas nama BPD pulau busuk meminta maaf kepada seluruh lapisan masyarakat,sesungguhnya kami BPD dan Pemdes tidak ada bermaksud untuk menghambat penyaluran Bantuan ini,hanya saja materi dan praktek di lapangan itu jauh berbeda.tetapi itu lah yang membuktikan bahwa kita tetap setia dan akan cinta dengan desa kita ini.kedepan nya kami akan berusaha untuk memperbaiki keselahan keselahan atau kelalaian kelalaian selama ini.

“Harapan kami bagi Keluarga Penerima Manfaat di desa lain yang belum menerima dimohon bersabar, karena semua telah berproses dan akan menyusul . Ya seperti bansos kabupaten dan kemensos.

Di samping itu Sukemi,salah satu masyrakat yang terima bantuan BLT DD,ya” terutama ia mengucapkan terimakasih kepada’ pemerintah pusat melalui pemerintah desa pulau busuk,yang mana telah ada satu kebijakan pemerintah untuk memberi bantuan kepada masyarakat selama pandemi covid 19 ini.

Meskipun kami lama menunggu,tetapi ya alhamdulillah pada hari ini kami bisa memanfaatkan bantuan ini yang bersumber dari dana desa.saya sebagai masyrakat tentu berharap kepada pemerintah desa,dan juga kepada para wakil kami yang duduk di bangku BPD itu,akan tetap mendahulukan kepentingan masyarakat ketimbang ego dari masing-masing di antara dua kelembagaan itu. Mereka kan di pilih oleh masyrakat,ya dahulakan lah kehendak masyarakat.(rilis)

Related posts

Leave a Comment