Search

Ada Tiga Golongan Warga yang Bakal Dapat Bantuan

Ada Tiga Golongan Warga yang Bakal Dapat Bantuan
Pekanbaru – KontrasRiau.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Drs. H. M. Noer MBS, SH, M.Si, MH mengatakan, saat ini Pemko masih menggesa pembentukan anggaran yang akan dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan Covid-19, dan untuk penanggulangan dampak yang ditimbulkan wabah Covid-19 tersebut.
“Sesuai hasil rapat Forkopimda tadi bersama unsur-unsur terkait, kita sudah diarahkan (gubernur) untuk mengkaji persyaratan agar bisa diberlakukan PSBB,” kata M Noer, Rabu (8/4).
Kata dia, persiapan anggaran untuk dampak Covid-19 harus teliti, karena lebih rumit. Anggaran ini nantinya akan digunakan untuk membiayai kebutuhan dasar masyarakat yang membutuhkan selama PSBB diterapkan.
“Kita harus mengkaji tentang pemberian kepada masyarakat,” jelasnya.
Secara sosial, ada tiga golongan masyarakat yang menjadi pertimbangkan, yaitu golongan sangat miskin, miskin, dan rentan miskin. Menurutnya, untuk masyarakat sangat miskin saat ini jumlahnya mencapai sekitar 12.000 KK.
Kemudian masyarakat miskin jumlahnya sekitar 15.000 KK dan jumlah masyarakat rawan miskin sekitar 11.500 KK.
“Ini datanya diinstruksikan Walikota untuk kita validasi. Selain itu, kita juga harus pertimbangkan atau kaji mengenai orang-orang yang usahanya terdampak akibat Corona, yang usahanya benar-benar tutup dan yang tidak bisa bekerja sama sekali,” jelasnya.
Tambah H.M. Noer, Bahwa pemerintah Kota Pekanbaru terus pantau, agar warga yang rawan miskin ini akan mendapatkan bantuan dari Pemko Pekanbaru. Oleh karena itu, kami berharap kepada masyarakat untuk selalu mematuhi aturan PSBB yang akan diberlakukan nantinya oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.
Salah satunya adalah bila tidak ada keperluan yang mendesak/urgent, baiknya di rumah saja, dan bila keluar rumah memakai masker dan jaga jarak, sosial distancing, dan physical distancing, karena hal ini adalah bagian untuk memutus rantai pencegahan Virus Covid-19. Ujar H.M. Noer. (Krc)

Related posts

Leave a Comment