Search

Ketua BPD Aktif Desa Pulau Busuk ” Terancam Tidak Bisa Mencalonkan Diri Kembali “

Ketua BPD Aktif Desa Pulau Busuk ” Terancam Tidak Bisa Mencalonkan Diri Kembali “

Pulau Busuk(Kuansing) – Kontrasriau.com – Ketua BPD Aktif Desa Pulau Busuk Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau Darliyus Terancam tidak bisa mencalonkan diri kembali sebagai calon anggota BPD Desa Pulau Busuk.

Dengan adanya peraturan Bupati Kuantan Singingi tahun 2019 tentang pengisian calon anggota BPD tahun 2020 darliyus terikat oleh pragraf II tentang syarat calon anggota BPD pasal 8 poin C dimana pada pasal 8 poin C tersebut berbunyi berdomisili diwilayah pemilihan.wilayah yang dimaksud itu dusun.

Darliyus saat diwawancarai oleh wartawan kontrasriau.com disalah satu kedai kopi ‘ia mengatakan kalau mengacu dengan aturan yang ada memang saya terancam tidak bisa mencalonkan diri kembali.karena saat ini saya tinggal dirumah dinas SMA 1 Inuman,karena saya sebagai pesuruh sekolah SMA tersebut,memang sekolah SMA itu berlokasi didesa koto inuman,namun data data saya sekeluarga seperti KK,KTP itu terdaftar di desa pulau busuk.ujarnya.Jum,at (31/01/2020).

Beberapa hari yang lalu saya sempat berkoordinasi dengan ketua panitia dan juga Kasi Pemerintahan Kecamatan mereka menyampaikan kepada saya memang saya tidak bisa mencalonkan diri di dusun III desa pulau busuk,karena mereka mengacu dengan perbup yang ada yaitu pasal 8 poin C mengatakan berdomisil diwilayah pemilihan.

Lanjut Darliyus saya juga menyayangkan panitia saat pendataan penduduk yang dilakukan beberapa hari yang lampau,saya beserta anak dan istri saya tidak didata oleh panitia.ini ada apa sebenarnya kata darliyus tegas !
Apakah karena saya tinggal dirumah dinas SMAN I Inuman yang berlokasi di desa koto inuman ? Lalu data data sayakan di pulau busuk ? Pada tahun 2010 dilakukan sensus penduduk saya termasuk warga pulau busuk dengan dibuktikan menempelkan stiker sensus penduduk dirumah dan juga pada tahun 2018″pada waktu itu ada pendataan nomor rumah oleh mahasiswa/i KKN salah satu universitas yang ada di pekanbaru,rumah yang saya huni sekarang itu nomor 77 desa pulau busuk dusun III ,yang mendapingi adik adik KKN saat pendataan itu kepala dusun III.dan juga setiap pemilihan baik itu pilkada,pilgub dan pada tahun 2019 kan pemilu hak pilih saya saat itu dipulau busuk.saya juga tidak pernah mengurus surat pindah dari pulau busuk ke koto inuman.sejak tahun 1991 saya sudah terdaftar di desa pulau busuk dengan bukti KTP dan KK saya.dan juga sekarang saya masih aktif sebagai ketua desa BPD pulau busuk.

Yang jadi pertanyaan saya kenapa panitia tidak mendata saya.sedangkan data saya terdaftar secara nasional di desa pulau busuk ?

Kalau soal saya tidak bisa mencalonkan diri sebagai calon anggota BPD dari dusun III desa pulau busuk itu tidak jadi masalah.yang jadi masalah besar bagi saya dan keluarga saya tidak masuk di dalam DPS(daftar pemilih sementara) yang sudah dikeluarkan oleh panitia. Kalau DPS sudah keluar dan setelah ditetapkan DPT nantinya oleh panitia nama saya dan istri saya tidak ada.itu artinya panitia pengisian anggota BPD desa pulau busuk telah menghilangkan hak pilih saya didesa pulau busuk.
Saya berharap panitia bekerja secara profesional dan tampa ada intervesi dari pihak manapun.

Panitia harus lebih berhati hati dan darliyus juga mengatakan kalau saya tidak terdaftar di DPT nanti,saya akan membuat laporan bahwa panitia pengisian anggota BPD desa pulau busuk telah menghilangkan hak pilih saya sebagai warga negara indonesia. ,ungkapnya kesal.tutup(LO)

Related posts

Leave a Comment