Search

Pemprov Riau Canangkan Konvergensi Bank Riau Kepri Ke Syariah

Pemprov Riau Canangkan Konvergensi Bank Riau Kepri Ke Syariah

Pekanbaru – KontrasRiau.com – Pemerintah Provinsi Riau terus berbenah dari sisi pelayanan. Salah satu yang menjadi perhatian adalah pelayanan perbankan yang sedang dicanangkan untuk dikonvergensi ke arah syariah.

Dalam implementasinya, Bank Riau Kepri sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sedang mempersiapkan hal tersebut. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau menyerap informasi positif dari mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), M Zainul Majdi atau yang akrab disebut Tuan Guru Bajang (TGB), yang sudah menerapkan hal tersebut.

“Ini tentunya sangat positif. Saya diminta hadir oleh Gubernur Riau dalam rangka berdiskusi dengan Bank Riau Kepri untuk ke syariah,” tuturnya, Rabu (20/3/2019) di Gedung Bank Riau Kepri, Pekanbaru.

Saat ini baru dua daerah di Indonesia yang BUMD nya sudah berkonversi ke syariah sesuai syariat islam. Dua daerah itu, yakni Bank Nusa Tenggara Barat dan Bank Nangroe Aceh Darussalam.

TGB menilai, dalam implementasinya banyak pihak yang sempat pesimis dan meragukan langkah tersebut. Namun pihaknya berhasil membuktikan konvergensi tersebut menunjukkan tren positif.

Gubernur Riau, Syamsuar menilai langkah konvergensi ke syariah sedang dipersiapkan. Pihaknya sudah mempertanyakan langsung soal perkembangan Bank NTB yang dirintis TGB di NTB.

Untuk itu, kehadiran TGB diharapkan bisa memberikan pencerahan baik kepada karyawan Bank Riau Kepri (BRK) maupun pegawai Pemprov Riau soal rencana pemegang saham ingin mengkonversi BRK menjadi murni syariah. Pemerintah Provinsi Riau sebagai pemegang saham mayoritas BRK ingin mengkonversi BRK murni syariah. (MediaCenter)

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment