Search

Balai Bahasa Provinsi Riau dan Duta Bahasa Gelar Literasi Bersama di SMPN 39 Pekanbaru

Balai Bahasa Provinsi Riau dan Duta Bahasa Gelar Literasi Bersama di SMPN 39 Pekanbaru

Pekanbaru – KontrasRiau.com – Balai bahasa provinsi riau menggelar program Literasi bersama dengan siswa kelas VII SMPN 39 Pekanbaru. Kegiatan berlangsung selama 2 hari dari tanggal, 27 – 28 November 2018.

Drs. Umar Solikhan,M.Hum Kepala balai bahasa provinsi Riau” Bahwa kami mempunyai duta ikatan bahasa riau sekitar 50 orang, oleh karena itu kami sesuaikan dengan kelompok saja, hanya 8 orang yang ikut pada program ini. Terang Umar Kepada Media KontrasRiau.com.

Kami mengajak pada seluruh siswa/siswi SMPN 39 khususnya agar selalu kita budayakan terus bahasa yakni bahasa indonesia yang kita cintai.

 

 

Kaitan dengan Literasi, pelaksanaan pemetaan Literasi di seluruh indonesia, tiap 3 tahun selalu ada. Sebutnya.

Untuk Literasi siswa kita termasuk ke peringkat 3 nasional untuk guru agak rendah atau masih kurang.

Salah satu program lainnya pelatihan Literasi bagi guru, hari ini sudah masuk yang ke 11 sekolah yang kami kunjungi, yang sebelumya di sekolah SMPN 23.

Kam prioritaskan adalah sekolah pinggiran dengan maksud agar sekolah dapat lebih maju dengan sekolah yang ada di pusat kota serta pemerataan.

Kami harapkan degan kegiatan ini, anak-anak kami dapat merefleksikan dalam bahasa, tema yang kami angkat adalah Kepahlawanan. Ujarnya.

Tujuan kegiatan ini, kami berikan warna baru, variasi baru  agar anak-anak dalam minat baca dan menulis semakin terpacu, agar dapat  kedepannya menguasai dunia, bahkan para ilmuwan terkenal dulu itu jadi hebat karena Literasi itu terasah.

Kami harapkan pada tahun 2045, Bangsa Indonesia mempunyai generasi emas. Adik-adiklah yang  akan menjadi orang-orang penentu atau pemimpin untuk bangsa ini.

Kemampuan menulis dan membaca serta mempunyai karakter yang baik, agar dapat kelak dapat menguasai dunia.

Duta bahasa membaca,  siswa/siswi yang menulis, dan rencananya akan diumumkan para pemenang besok berikut hadiah,tropi dan piala sekaligus tali asih berupa uang saku bagi pemenang lomba pada Literasi ini.

Hj.Nurbaiti,MPd Kabid SMP ” Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala balai bahasa provinsi riau dan rombingan, duta -duta bahasa atas kunjungan sekaligus memberikan pembelajaran  Literasi bersama di sekolah SMPN 39 Pekanbaru. ” Pungkas Nurbaiti Kepada Media KontrasRiau.com.

Sebenarnya pada kegiatan ini Bapak Kadisdik H.Abdul Jamal yang akan hadir untuk membukanya, namun dikarenakan ada hal sangat penting yang tidak bisa ditinggalkan, oleh karena itu kami selaku Kabid SMP mewakili beliau di acara ini.

Artinya Bapak Kadis kirim salam buat kita semua yang hadir disini, serta ucapan terima kasih kepada Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau beserta rombongan telah berkenan untuk melakukan program Literasi di sekolah SMPN 39.

Lebih lanju pesan kami kepada seluruh anak-anak kami, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, serius dan fokus.

Tambah Nurbaiti karena banyak hal dan manfaat yang dapat kita ambil dan cermati dari program Literasi ini.

Salah satunya adalah Program Pemko yaitu : Sekolah Mengaji yang di lakukan seluruh sekolah yang ada di Kota Pekanbaru, ini merupakan bagian dari Literasi juga. Sebut Nurbaiti.

Iqra dalam Alquran yang artinya ” Bacalah ” jadi sudah jelas bahwa pebelajaran Literasi ini sebenarnya sudah ada pada zaman Nabi Kita dahulu yakni Nabi Muhammad SAW.

Dimana kita harus terus berupaya agar selalu rajin dalam hal membaca dan menulis, agar kelak anak-anak kami sekalian dapat menguasai dunia dan sekaligus juga akhiratnya jangan lupa.

Harapan kami melalui program ataupun pembelajaran Literasi saat ini yang sedang berlangsung.

Kedepan anak-anak kami menjadi pemimpin masa depan yang cerdas, tangguh dan berakhlak mulia seiring dan sangat pas sekali dengan visi Pemko Pekanbaru ” Jadikan Kota Pekanbaru Smart City yang Madani “.

Abdullah,SPd Kepsek SMPN 39 ” Pertama-tama kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau dan juga duta-duta bahasa, sekaligus Ibu Kabid SMP mewakili Kadisdik Kota Pekanbaru yang telah berkenan membuka acara ini. ” Pungkas Abdullah,SPd.

Lanjut kami diharapkan pada seluruh siswa/siswi kami mendapat arahan, pelatihan Literasi yang tujuan agar siswa kami lebih membaca dan menulis, kedepan kiranya SMPN 39 dapat bersaing dengan sekolah lainnya. Tutup. Abdullah,SPd. (Omeng)

 

 

 

Related posts

Leave a Comment