Search

Pekan Depan Pemprov Riau Evaluasi Realisasi APBD dan Rasionalisasi

Pekan Depan Pemprov Riau Evaluasi Realisasi APBD dan Rasionalisasi

Pekanbaru – KontrasRiau.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan evaluasi terhadap realisasi keuangan dan fisik Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada, Senin (27/8/2018) mendatang.

“Insya Allah Senin depan kita rapat evaluasi realisasi keuangan dan fisik sampai hari ini,” kata Asisten II Setdaprov Riau, Masperi kepada wartawan, Jumat (25/8/2018).

Dalam rapat evaluasi tersebut, lanjut Masperi, pihaknya akan memanggil seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna meminta penjelasan terkait realisasi keuangan dan fisik di OPD masing-masing.

“Kita ingin tau berapa serapan mereka, berapa anggaran yang sudah dibelanjakan dan sisa uang kita sekarang ini. Makanya kita perlu minta keterangan seluruh kepala OPD,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan meminta penjelasan terkait Surat Perintah Pembayaran (SPM) yang sudah dikeluarkan. Karena bisa saja sudah anggaran keluar dari kas daerah, namun masih di kas OPD.

“Itu kan masih uang cash, tapi itu sudah kita catat sebagai pengeluaran. Makanya Senin kita bahas, sejauh mana OPD menjalankan kegiatan sesuai paket-paketnya. Misalnya dari pekerjaan 30 persen berapa yang diminta, bisa saja 10 persen uangnya. Karena biasanya realisasi fisik itu diatas realisasi keuangan,” paparnya.

Ditanya apakah saat rapat evaluasi akan membahas rasionalisasi anggaran, Masperi menyatakan bisa saja sekaligus membahas itu.

“Bisa jadi begitu. Karena kita kekurangan anggaran, tentu mana yang belum dikerjakan sama sekali. Bisa saja itu salah satu diantaranya yang akan dirasionalisasi,” tutupnya. (cakaplah)

Related posts

Leave a Comment