Search

Pemprov Riau Kirim Perda Pajak Pertalite ke DPRD untuk Diharmonisasi

Pemprov Riau Kirim Perda Pajak Pertalite ke DPRD untuk Diharmonisasi

Pekanbaru – Kontrasriau.com – Setelah diterimanya hasil evaluasi revisi peraturan daerah (Perda) Pajak Bahan Bakar Kenderaan Bermotor (PBB-KB) Pertalite dari Kemendagri, Pemprov Riau telah menyerahkan Perda tersebut ke DPRD Riau untuk diharmonisasi.

“Perda Pajak Pertalite kita sudah di DPRD Riau kemarin (Kamis) untuk dilakukan harmonisasi,” kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdarov) Riau, Ahmad Hijazi kepada wartawan, Jumat (25/5/2018).

Dia mengatakan, harmonisasi yang akan dilakukan DPRD bersama Pemprov Riau itu membahas catatan hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita harapkan secepatnya DPRD mengundang kita untuk harmonisasi Perda Pajak Pertalite. Kalau sudah diharmonisasi tinggal diundangkan ke lembaran daerah,” paparnya.

Proses harmonisasi sendiri menurut Ahmad Hijazi tidak membutuhkan waktu lama. Namun sesuai aturannya paling lama satu minggu atau 7 hari kerja.

“Kalau mau dilaksanakan paling-paling rapat harmonisasi 1-2 jam selesai. Memang dalam aturannya paling lama itu satu minggu,” cakapnya.

Setelah diharmonisasi, lanjut Ahmad Hijazi, selanjutnya Perda diserahkan Biro Hukum dan HAM Setdaprov Riau untuk ditandatangani Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim.

“Setelah ditandatangani Plt Gubernur baru diundangkan ke dalam lembaran daerah. Kemudian tinggal kita kirim ke Pertamina, dan Pertamina tinggal menerapkan pajak pertalite 5 persen itu,” ungkapnya.

“Ketika sudah dikirim ke Pertamina, mereka wajib melakukan tindakan memberlakukan tarif yang baru. Pemberlakuan pajak itu kalau kita sudah disurati resmi, Pertamina tinggal berlakukan penurunan pajak 5 persen itu,” pungkasnya. (MediaCenter)

Related posts

Leave a Comment