Search

Wan Thamrin : YLPI Telah Banyak Melahirkan SDM Riau Berkualitas

Wan Thamrin : YLPI Telah Banyak Melahirkan SDM Riau Berkualitas

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim Kamis (29/3/2018) meresmikan gedung baru Dua lantai Yayasan Pendidikan Islam (YLPI) di kampus Universitas Islam Riau (UIR) di perhentian Marpoyan Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu Wan menyebut kalau YLPI yang konsen pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Riau telah memberi kontribusi nyata dalam menciptakan SDM Riau berkualitas melalui lembaga pendidikan yang dikelolanya.

“Salah satunya adalah UIR, ini merupakan perguruan tinggi pertama yang ada di Riau, dan saya mengenal begitu banyak pendiri dan pwngurus yayasan ini,” kata Wan mengawali sambutannya.

Dengan alasan itu pula menurutnya ketika menerima undangan dari YLPI untuk meresmikan gedung,  Dia menyatakan kesediannya untuk hadir secara langsung dan meresmikan gedung yayasan.

“Semoga dengan memiliki gedung yang megah ini, Ketua dan pengurus Yayasan bisa bekerja lebih optimal lagi dalam memberi sumbangsih pembangunan negeri kita ini melalui bidang pendidikan,” pungkas Wan.

Wan mengemukakan berdiri sepuluh tahun pasca terbentuknya Provinsi Riau yakni tahun 1967, UIR dibawah nauangan YLPI telah melahirkan banyak alumni berkualitas, yang saat ini telah mengisi berbagai posisi di pemerintahan maupun swasta.

“Bahkan saat ini UIR telah melahirkan 90 orang Doktor dari berbagai bidang ilmu, ini tentu sebuah capaian yang luar biasa, ini belum lagi yangdihasilkan dari lembaga pendidikan mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Dewan Pembina YLPI Riau, Drs. Mukni yang juga merupakan mantan anggota DPRD Riau mengajak YLPI dan Civitas Akademika UIR agar senantiasa bersyukur atas perkembangan yang dicapai YLPI.  Mukni bercerita tentang kisah Nabi Musa yang bertanya kepada Allah bagaimana cara bersyukur.

”Kata Allah kepada Musa, ingatlah Aku dan jangan kamu lupa dengan Aku. Mengingat Allah kapanpun dan dimanapun. Jika engkau mengingat Aku sementara kamu tidak  bersyukur kepada Ku maka nikmatKu telah Aku ambil darimu,” ungkap muballigh kondang ini. Visi YLPI.

lanjut Mukni, tidak boleh lepas dari keislaman yang telah dibuat oleh para  pendirinya, seperti Buya Zaini Kunin, Soeman Hs, Chadijah Ali dan lain-lain. Mukni menyebut, para pendiri itu adalah orang-orang hebat yang memiliki visi dan pandangan luar biasa. ”Bacaan keseharian mereka itu adalah kitab kuning dan kitab gundul, dari kitab itulah mereka  merumuskan visi YLPI ini. Tugas kita adalah melanjutkan visi tersebut lalu mewujudkannya bersama-sama untuk kepentingan ummat,” tandas Mukni.

Peresmian Gedung YLPI Riau itu turut dihadiri Rektor UIR Prof. Dr.  Syafrinaldi, SH, MCL, Wakil Rektor II Ir. Asrol dan Wakil Rektor III Ir.  Rosyadi, para dekan di lingkungan UIR, Dewan Pembina, Pengurus dan Pengawas Yayasan. Juga mantan Pengurus YLPI periode sebelumnya seperti Drs. Mukhtaruddin S, Prof. Muchtar Rachman dan undangan lain pejabat Pemerintah Kota Pekanbaru. (mcr)

Related posts

Leave a Comment