Search

Asisten III Tengku Akhrial, Resmi Buka Acara Sosialisasi Pelatihan Teknis E-Katalog dan E-Purchasing di Lingkungan Pemkab Meranti

Asisten III Tengku Akhrial, Resmi Buka Acara Sosialisasi Pelatihan Teknis E-Katalog dan E-Purchasing di Lingkungan Pemkab Meranti

Selatpanjang – Kontrasriau.com –  Adanya Bagian Layanan Pengadaan(BLP) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Taja Sosialisasi Pelatihan Teknis E-Katalog dan E- Purchassing. Kegiatan itu dilaksanakan untuk menekan pemanfaatan e-Katalog dalam pembelian barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Rabu (28/02/18) di Aula Grand Meranti Hotel, Selatpanjang.

Sosialisasi E Katalog oleh LKPP RI yang menggandeng PT Air Mas Jaya Mesin Teknologi dengan portal Ayooklik.com ini sebagai wadah dalam pengadaan barang dan jasa secara online serta diiringi E-Purchasing terkait penyampaian tata cara pembelian barang dan jasa melalui sistem katalog elektronik.

Direktur Ayooklik.com Cabang Riau Rahmad Dhanil SE, Ak melalui Direktur Utama Wiliyanto menyebutkan salah satu tujuan dalam pelaksanaan tersebut diklaim menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terbuka (transparan) dan efisien.

Tak hanya itu, melalui e-Katalog, pembelian barang dan jasa juga bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini lebih memberi edukasi kepada instansi pemerintah bahwasanya belanja pemerintah dengan e-katalog tidak serumit yang diperkirakan.

Dengan ini lebih cepat, tepat dan mudah jadi kita disini sebagai satu diantara penyedia online shop LKPP berusaha memberikan edukasi yang sebaik mungkin dengan sistem sesuai yang diberlakukan LKPP,” Sebutnya.

Dijelaskannya, Dasar dilaksanakannya kegiatan tersebut atas Peraturan LKPP Nomor 14 tahun 2015 tentang E-Purchasing. Dengan latar belakang pelaksanaan ketentuan pasal 110 ayat (6) peraturan presiden Nomor 4 tahun 2015 tentang perubahan keempat atas peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah diperlukan pengaturan tentang E-Purchasing diikuti penataan dan pengembangan skema Katalog Elektronik.

Atas dasar Perpres tersebut, Ayoklik.com sebagai sebuah portal penyedia barang dan jasa melalui e-katalog coba mendekati pemerintah dan menggelar sosialisasi.

“Ini adalah kegiatan kementerian dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Kami coba memanfaatkan kesempatan ini untuk mendekati pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota,alhamdulillah.. Pihak Badan Layanan Pengadaan Kepulauan Meranti merespon dengan baik,” Jelasnya

Hal senada juga di sampaikan Kepala Bagian Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kepulauan Meranti Janefi Meza bahwa sosialisasi ini untuk menekan pemanfaatan e-Katalog dalam pembelian barang dan jasa pemerintah.

Dikatakannya konsep e-katalog online ini dimunculkan supaya transparasi dalam penjualan,”ini mencegah belanja yang tidak efisien , mencegah pengadaannya tidak transparan dan dengan adanya ini terlihat semua transaksinya,”ujarnya.

Ia menjelaskan peserta yang dihadirkan dalam sosialisasi kali ini yakni Kabag, Kabid dan pejabat dilingkungan Pemkab Meranti, Direktur LKPP, Narasumber Ayooklik.com.

Sementara Asisten III Tengku Akhrial yang membuka secara resmi sosialisasi tersebut memaparkan kedepannya, pejabat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti akan lebih terpantau jika menggunakan sistem pembelanjaan katalog elektronik dan Purchassing.

“Semoga dengan sistem elektronik ini, kita bisa bekerja sama dengan baik dan para pejabat yang hadir bisa mendapatkan ilmu berharga untuk diterapkan,” tutup Akhrial sembari memukul Gong tertanda Sosialisasi Pelatihan Teknis E-Katalog dan E- Purchassing resmi dibuka.

Saat ini kegiatan sedang berlangsung,terlihat para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersemangat mengikuti sosialisasi tersebut. ( Rilis/ Ijal )

Related posts

Leave a Comment