Search

2 Periode Kepemimpinan Sujito “Bersempena Harlades Ke-33 Desa Suligi” Ekonomi Masyarakat Mulai Bangkit

2 Periode Kepemimpinan Sujito “Bersempena Harlades Ke-33 Desa Suligi” Ekonomi Masyarakat Mulai Bangkit

Rokan Hulu – Kontrasriau.com –  Peringatan HARLADES Desa Suligi 1A pendalian IV Koto, tepatnya pada hari ini, jum’at (16/02/18). Sudah 2 periode Sujito  menjabat sebagai Kepala Desa Suligi atau biasa masyarakat menyebut dengan nama Desa 1A.

Sujito Kades Suligi Menyampaikan Sejarah Desa ini Kepada Media Kontrasriau.com di acara Harlades ke-33 ” Sewaktu Desa Suligi ini di bangun pada tahun1985 hingga sekarang, Mulanya Desa Suligi ini kondisi perekonomian masyarakat yang pada umumnya adalah kaum Tani atau berkebun sangatlah miris dan prihatin sekali pada masa itu.

Beranjak di  tahun 1986-1987 belum terlalu mengeluh karena masih ada data BES,  mayoritas penduduk desa 1a  bekerja  di kebun PLASMA, dan juga di kebun INTI.Dimana pada waktu itu upah bekerja per harinya hanya Rp.1420- Rp.2000. Pada tahun 1987-1988 jatah beras sudah tidak ada dan para pekerja mulai di batasi. Ungkap Sujito”

Sampai-sampai yang biasanya kerja 15 hari dalam 1bulan, menjadi 7 hari perbulan, disaat itulah masyarakat disini mulai gelisah dan galau otomatis berimbas pada  di Perekonomian, Kesehatan, Pendidikan, dll. Sebutnya

Walaupun waktu itu kerja dengan berjalan kaki menempuh jarak yang cukup jauh berpuluhan km, susah payah, perih, lapar, semua rasa nelongso (dalam bahasa jawa), banting tulang Alhamdulillah sekarang hilang, itu semua demi kesejahtraan generasi kita yang akan datang. Ulas Sujito Kepada Media Kontrasriau.com

Lanjut Hingga krun waktu yang lama sekali, berkat perjuangan para Pemimpin Desa Suligi kita terdahulu mulai dari Wadi, Rasiman(Alm), Tengku.

Dan dibantu oleh Pemerintah baik tingkat kabupaten msupun kecamatan dan juga masyarakat disini : Bapak-bapak, Ibu-ibu yang berbondong-bondong bekerja keras bahu-membahun untuk membangun Desa Suligi.

Membangun serta meningkatkan persatuan dan kesatuan, perlahan-lahan sedikit ada kemajuan dan perkembangan  untuk Desa ini, Sejak itulah masyarakat  mulai sejahtera. Ucap Sujito.

Acara makan bersama setelah pemotongan nasi tumpeng oleh bpk.Kepala desa Suligi kc.pendalian IV koto. Pemotongan nasi tumpeng di lakukan untuk membuang hal-hal buruk yang akan terjadi pada desa suligi sehingga tidak terjadi. Serta mnjadikan dan menarik hal-hal yang baik terjadi pada desa suligi.

 

 

Afkar,S.Sos. Pembina Kecamatan ” Kegiatan Ini merupakan sejarah serta momen yang sangat penting, terima kasih banyak kami ucapkan pada Kepala Desa Suligi susah payah memperjuangkan, membangun desa ini mnjadi lebih baik. dengan adanya kegiatan ini kita bisa selalu mengingat sejarah perkembangan desa, yang awalnya sepi menjadi ramai, yang mulanya jalan tanah menjadi semenisasi, dan lain sebagainya, serta menghargai para pejuang desa terdahulu kita. Sebutnya

Tetap pertahankan kerjasama dan sinergitas antara pihak Pemerintah, Desa, Kecamatan dan Masyarakat, semoga Desa Suligi terus maju dan berkembang lebih baik lagi kedepan. Tutup Afkar, S.Sos. selaku pembina kecamatan. (Mahmud)

Related posts

Leave a Comment