Search

Walikota se-Sumatera Terpukau dan Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

Walikota se-Sumatera Terpukau dan Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

Pekanbaru – Kontrasriau.com – Perhelatan akbar belum lama selesai serta berjalan dengan lancar, sukses  yakni Musyawarah Komisariat Wilayah I  Asosiasi  Pemerintah Kota se-Indonesia ( Muskomwil I Apeksi ) yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 1 – 3 Februari 2018 di Hotel Aryaduta Pekanbaru. Semua rangkaian demi rangkaian kegiatan telah berlangsung dengan aman, lancar dan suasana keakraban terjalin dengan bagus semua Walikota se-Sumatera juga sangat memuji kesiapan Muskomwil I Apeksi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan bersama, artinya seluruh panitia yang terkait pada segala agenda ini telah bekerja dengan maksimal dan baik.

Sebanyak 24 Walikota se-Sumatera ikut ambil bagian dalam rangka Muskomwil I Apeksi, sebagai tuan rumah acara kali ini Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST,MT. Dari pantauan wartawan yang meliput rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir acara, seluruh Walikota se-Sumatera yang hadir menaruh rasa Apresiassi serta decak kagum dengan program dan progres pembangunan yang nyata di Kota Pekanbaru sangatlah pesat dan maju di pimpinan oleh Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST,MT sang Visioner yang jenius dan berkarakter.

Pembangunan nyata yang telah di lakukan Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST,MT meliputi : Perkantoran Walikota Pekanbaru sudah selesai berdiri dengan  megah nan mentereng, Infrastukrtur jalan sudah di aspal semua baik itu jalan-jalan Kota, maupun jalan-jalan di perumahan, jalan-jalan dilingkungan RT/RW dan masyarakat di Kota Pekanbaru sudah mulus semuanya, Gedung-gedung sekolah untuk kepentingan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya sekolah mulai tingkat SD,SMP sudah terbangun dan lengkap.

Berlanjut pembangunan puskesmas-puskesmas dan rumah sakit Kota Pekanbaru untuk kepentingan masyarakat untuk pelayanan kesehatan, pembangunan masjid-masjid paripurna yang telah berdiri dengan megah hampir seluruh Kota Pekanbaru ada untuk kepentingan masyarakat msulim yang ingin melakukan ibadah, ruang terbuka hijau dan taman Kota untuk tempat reaksi bagi masyarakat luas,

Program bagi para pelajar SD,SMP mendapatkan bantuan dari Walikota Pekanbaru melalui Program Baznas berupa uang untuk pendidikan,serta bantuan bea siswa bagi yang kurang mampu juga diberikan bantuan modal usaha bagi masyarakat yang kurang mampu dan mebutuhkan modal untuk usahanya, guna membantu perekonomian keluarganya.

Dan yang lebih memukau dan manjadi decak kagum semua dari para tamu Walikota se-Sumatera adalah program kartu smart card madani yang merupakan ide serta inspirasi dari Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST,MT yang mempunyai multi fungsi dan sangat bermanfaat bagi kita yang emilik kartu catrd ini, artinya kita tidak perlu lagi membawa uang cash cukup membawa kartu ini saja, semiasl bila kita sedang berada di tol jakarta atau kota lainnya, kita cukup tunjukan atau tempelkan diloker gerbang tol, karena kartu tersebut sudah terkoneksi secara digital.

Wali Kota  Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT mendampingi Ketua Umum (Ketum) Apeksi Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH meninjau langsung Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru Jalan Pepaya,

Peninjauan yang dilakukan tersebut dilakukan bersama rombongan peserta Apeksi lainnya yang tujuannya untuk mengenalkan lebih jauh tentang bagaimana fungsi dan manfaat dari perangkat IT  yang ada di Pekanbaru Command Center.

Pada kesempatan itu  Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra, ST, MT  mempresentasikan atau menjabarkan kepada rombongan, tentang fungsi satu-persatu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center tersebut.

“Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya. Selain itu,  Pekanbaru Command Center ini juga disediakan koneksi CCTV dengan alat canggih untuk melihat aktifitas kota, sehingga  lebih cepat dan akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru,” ujar Eka.

Selain itu, dalam peninjauan tersebut, Wali Kota juga sempat melakukan video conferens dengan Kabid Pengelolaan dan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik Mawardi, SAg, yang saat itu tengah berada di RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani.

“Assalamu’alaikum pak Wali. Saat ini saya di RTH Ahmad Yani. Pantauan disini masih terlihat lengang. Mungkin karena faktor cuaca yang panas belum ada masyarakat yang berdatangan. Sekian saya melaporkan pak Wali,” ujar Mawardi saat video conferens tersebut dilakukan.

Setelah itu, Walikota pun melalui Kadiskominfo juga mengenalkan  tentang aplikasi “EKA” (Evaluasi Kinerja Anggaran), Sipadu, dan monitoring tentang lokasi pertanahan di Kota Pekanbaru.

Ketua Apeksi Airin Rachmi  pun sontak tertarik dan memuji beberapa aplikasi berbasis IT yang ada di Pekanbaru Command Center tersebut.

“Saya sangat suka dengan aplikasi tentang  Sipadu dan pertahanan itu,” kata Airin yang disambut Wali Kota Pekanbaru menjelaskan bahwa dua aplikasi tersebut digagas oleh Camat Bukitraya, Masykur Tarmizi, dan Camat Rumbai Zulhelmi. Sementara pada kunjungan ke Pekanbaru Command Center ini para tamu walikota yang hadir sempat terkesima dan terpesona dengan alat layanan aplikasi yang canggih dalam percepatan smar city yang digagas oleh Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru tersebut.

Lanjut Airin bahwa saya sangat salut dan kagum kepada Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST,MT yang telah dua periode memimpin Kota Pekanbaru ini dengan berbagai Inovasi serta terobosan yamg telah dibuatnya yang sudah barang tentu dirasakan sekali mafaatnya bagi masyarakat baik dibidang pendidikan,agama serta Infrastruktur dan bidang Informatika contoh yang telah berhasil di Kota Pekanbaru bisa ditiru oleh Kota -kota lainnya.

Yang kami lihat kebersihan Kotanya, Program Masjid Paripurna, dan Command Centernya yang luar biasa canggih kami salut dan sempat kawan-kawan dari kota lain antusias dalam mengikuti paparan yang telah diberikan Walikota Pekanbaru tadi.

Bahwa aplikasi yang telah dibuat dan diciptakan oleh anak bangsa ini yang patur kami apresiasi untuk Kota Pekanbaru, semoga hal yang bagus di Kota Pekanbaru akan hendaknya dibawa pulang oleh para Walikota lainnya untuk dapat dilakukan untuk kemajuan daerahnya masing-masing, karena tidak semua Kota yang ada kemajuan Kota seperti Kota Pekanbaru ini dengan segala kerja keras dari Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST,MT sehingga Kota Pekanbaru menjadi Kota yang Maju dan bermarwah. Pungkas Airin kepada Media.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Apeksi 3 hari di Kota kita berakhir dengan sukses. Saya sebagai Kepala Daerah mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara ini,” ujar Walikota Firdaus.

Pelaksanaan Apeksi yang dihadiri 24 Walikota se Sumatera tersebut, diharapkan Firdaus memberi semangat dan motivasi baru bagi Kepala Daerah lainnya, untuk melaksanakan program pembangunan dan kemajuan daerah, serta jalannya
roda pemerintahan yang baik dan berintegritas.

Tak terkecuali seperti yang dipaparkan Pemerintah Kota Pekanbaru saat pembukaan Apeksi kemarin, Walikota Pekanbaru menjelaskan tentang seluk beluk Kota Pekanbaru membangun dan mewujudkan perkembangan sebuah kota, menuju kota pintar atau yang diberi nama “Pekanbaru Smart City Madani”.

“Mewujudkan Smart City dalam sebuah perkembangan kota, diperlukan keseriusan untuk membangun masyarakat yang cerdas dan pemerintahan yang cerdas. Kepala Daerahnya juga harus mampu berfikir jauh, dan memandang dengan kacamata visioner, tentang peradaban apa yang ingin dibangunnya yang bermanfaat untuk seratus tahun kedepan,” kata DR.H.Firdaus sang Visioner

Hal senada sampaikan  Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, yang juga mengagumi kepemimpinan Dr H Firdaus ST MT dalam membangun sebuah kota. Dirinya menilai apa yang dilakukan Walikota Pekanbaru mengenai pemindahan pusat pemerintahan tersebut, sangatlah terlalu berani.

“Saya kagum dengan Bapak Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus. Beliau adalah sosok visioner yang saya nilai sangat berani. Rencananya untuk memindahkan pusat pemerintahan dalam sebuah kawasan baru, tentu memiliki resiko yang tinggi,” kata Mahyeldi.

Ketua Apeksi Wilayah I periode 2015-2018 itupun memuji tentang program Smart City Madani lainnya yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kota Pekanbaru. Seperti pengadaan kartu Smart madani, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW), Masjid Paripurna dan banyak program pintar lainnya, yang menurutnya patut dicontoh dan diterapkan pada daerah lain, terutama kepada peserta Apeksi Muskomwil I se Sumatera.

“Berdasarkan pemaparan yang disampaikan Bapak Walikota Pekanbaru tentang program Smart City di acara pembukaan, adalah suatu hal yang menginspirasi. Beliau sangat bertekad membangun pemerintahan yang cerdas, menjadikan masyarakat cerdas, untuk mencapai Pekanbaru Smart City yang saya lihat sudah didepan mata,” ujarnya yang diwawancarai usai acara pembukaan, Kamis (1/2/2018) yang lalu. (Adv/Krc)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment