Search

Dinas Riau PUPR Uji Kelaikan Besi Jembatan Siak IV

Dinas Riau PUPR Uji Kelaikan Besi Jembatan Siak IV

Pekanbaru – Kontrasriau.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bakal membawa sampel besi jembatan Siak IV ke Laboratorium keselamatan jembatan, di Jakarta untuk memastikan kelaikannya. Kadis PUPR Dadang Purwanto, mengatakan, sebelum dibawa ke laboratorium untuk diuji kelaikan besi tersebut, dari Kementerian PU melalui tim Keselamatan Jembatan dan Terowong, telah meninjau kondisi jembatan Siak IV beberapa minggu yang lalu sebelum dilanjutkan pembangunannya.

“Jadi tim dari keselamatan jembatan telah melihat kondisi jembatan Siak IV. Dengan kondisi jembatan yang terpasang diperiksa semua, dari hasil pengamatan tim keselamatan jembatan sejauh ini masih bisa dipakai,” jelas Dadang, saat ditemui, Selasa (3/10/2017).

Namun untuk lebih menguatkan kembali agar tidak ada keragu-raguan, kata Dadang, ia langsung membawa sample besi tersebut ke laboratorium yang ada di Jakarta.

“Kita ingin meyakinkan lagi besi yang dibawa diuji di lab. Walaupun mereka sudah turun dan mereka merekomendasikan masih layak digunakan. Tapi kita perlu meyakini saja,” jelas Dadang.

Lebih jauh dikatakan Dadang, kontraktor kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV, PT Brantas Adi Praya (Persero), telah memulai pengerjaan jembatan Siak IV, pertengahan bulan lalu. Untuk tahap pertama pengerjaan dimulai dari jembatan yang berada di kawasan Kecamatan Rumbai.

Untuk tahap awal pembangunan, anggaran yang dianggarkan pada APBD 2017 sebesar Rp80 miliar. Dan selanjutnya sisa penganggaran kembali akan dimasukkan pada APBD 2018, dengan total anggaran sesuai dengan hasil tender sebesar Rp107 miliar.

Ditargetkan pada akhir 2018 atau awal 2019 jembatan Siak IV ini bisa dinikmati masyarakat, sebagai penghubung antara Kota Pekanbaru ke Kecamatan Rumbai, dan juga untuk pertumbuhan ekonomi.(MCR)

Related posts

Leave a Comment